Tidur Siang yang Lama Bisa Mengganggu Kesehatan?

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Pernahkah Anda tidur siang dan bangun dengan perasaan lebih lelah dari sebelumnya? Kemungkinan itu karena tidur siang Anda terlalu lama.

Durasi tidur Anda menentukan apakah itu akan bermanfaat atau tidak. Tidur sebentar bisa meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati Anda, mengurangi kelelahan dan meningkatkan relaksasi.

Namun tidur siang yang lebih panjang, di sisi lain, bisa merusak suasana hati Anda bahkan meningkatkan risiko penyakit.

Tidur siang selama lebih dari 30 menit dianggap sebagai tidur siang yang panjang.

Sebagian besar penelitian menunjukkan Anda hanya perlu tidur siang selama 20 hingga 30 menit untuk mendapatkan manfaat optimal.

Penelitian lain menunjukkan bahwa tidur sebentar selama 10 menit meningkatkan kewaspadaan.

Apa yang mungkin salah jika Anda berlebihan tidur siang Anda? Berikut adalah efek berbahaya dari tidur siang yang lama, seperti dilansir laman Care2, Kamis (21/2).

1. Tidur bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Ketika peneliti meneliti 10 penelitian berkualitas yang melibatkan lebih dari 260.000 peserta, mereka menyimpulkan bahwa tidur siang siang lebih dari 60 menit bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 46 persen.

Tidur siang yang lebih pendek dari 40 menit tidak meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

2. Tidur panjang bisa menyebabkan masalah tidur di malam hari.

Jika Anda berjuang dengan insomnia, Anda mungkin akan tidur siang dengan durasi lama untuk menebus tidur malam Anda yang berkualitas buruk. Ini akibatnya mengganggu siklus tidur Anda.

Jika Anda memiliki insomnia, cobalah untuk menghindari tidur siang dan temukan penyebab sebenarnya dari sulit tidur Anda.

3. Tidur panjang bisa menyebabkan fungsi kognitif yang buruk.

Ada banyak bukti bahwa tidur siang selama 15 hingga 20 menit meningkatkan fungsi kognitif. Namun, tidur siang yang lebih lama memiliki efek sebaliknya.

Tidur panjang membuat Anda jatuh ke tahap tidur yang dalam. Ketika ini terjadi, Anda mungkin merasa grogi dan bingung. Anda lebih baik tidur siang selama 10 menit, yang bisa meningkatkan kewaspadaan Anda hingga 3 jam.

4. Tidur siang yang lebih lama bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Hindari tidur siang yang lama jika ingin menjaga kesehatan jantung yang optimal. Studi menemukan bahwa tidur selama lebih dari 45 menit pada siang hari secara signifikan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Anehnya, tidur siang selama kurang dari 30 menit sehari menurunkan risikonya.

5. Tidur siang yang lebih lama bisa menyebabkan kematian dini.

Karena tidur siang yang panjang meningkatkan risiko kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung, mereka bisa menyebabkan kematian dini.

Daripada tidur siang yang lama untuk meningkatkan energi, lebih baik Anda minum kopi. Studi menunjukkan minum kopi bisa membantu Anda terjaga lebih lama.(fny/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...