Rutin Minum 4 Teh dan Ramuan Herbal Ini Bisa Kontrol Gula Darah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Hidup sehat dengan menyeimbangkan gula darah sangat penting. Salah satunya dimulai dengan mengurangi makanan manis. Sebab peningkatan gula darah secara kronis dan resistensi insulin adalah pemicu diabetes tipe 2.

Selain makan sehat, berolahraga, dan cukup tidur, ada juga cara alami yang bisa mengatur gula darah. Salah satunya dengan rajin minum teh dan ramuan herbal seperti dilansir dari Mind Body Green, Sabtu (23/2). Teh dan ramuan herbal bisa menjadi obat penyeimbang gula darah.

Tapi perlu diingat, bahwa penting untuk mendiskusikan penggunaan teh ini dengan dokter. Jika berlebihan bisa berdampak pada menurunnya kadar gula darah terlalu banyak atau hipoglikemia. Lalu tetap fokus untuk ubah gaya hidup.

Teh Hijau

Misalnya dengan mengonsumsi teh hijau. Teh hijau bisa membantu penyerapan dan metabolisme gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa efek polifenol teh hijau, yang disebut Polyphenon E, dapat mempengaruhi mikrobioma usus yang mengakibatkan efek penurun gula darah.

Teh Hitam

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam juga dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan. Teh hitam telah terbukti menekan kadar glukosa darah setelah mengonsumsi makanan kaya karbohidrat. Pastikan tidak mencampur teh dengan krim atau gula.

Teh Kayu Manis

Teh kayu manis juga baik untuk gula darah. Sebuah uji klinis terbaru menunjukkan bahwa kayu manis dapat bermanfaat menekan lemak tubuh, dan lemak visceral di samping indeks gula darah dan lipid. Cobalah tambahkan kayu manis ke dalam teh matcha.

Teh Kunyit

Cobalah teh kunyit. Super-ramuan anti-inflamasi ini memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah berkaitan dengan manajemen gula darah. Curcumin telah terbukti mencegah diabetes pada mereka yang prediabetic. Kunyit juga mudah ditambahkan dalam secangkir teh.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar