Masih Jadi Tulang Punggung, MPV Ngegas Awal Tahun

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mengawali 2019, para pemain utama model Multy Porpose Vehicle (MPV) langsung tancap gas. Toyota menghadirkan New Avanza barunya, Daihatsu dengan New Xenia di Januari 2019. Satu bulan berikutnya, ada All New Nissan Livina dan Honda New Mobilio yang ikut mengaspal.

Hal ini menunjukan bahwa segmen MPV masih seksi dan menjadi backbound penjualan bagi merek-merek tersebut. Selain itu, tipikal pengguna mobil di Tanah Air yang masih cenderung memilih mobil penumpang membuatnya pasarnya semakin kuat.

Mengkonfirmasi data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan MPV periode Januari-Desember 2018 mencapai 256.415 unit. Berkontribusi 22 persen lebih pada total penjualan otomotif di tahun 2018 sebesar 1.151.291 unit. Peluang besar ini yang memikat Agen Pemegang Merek (APM) untuk fokus di segmen ini.

Terkait persaingan yang semakin panas ini, Regional Senior Vice President Nissan Asia & Oceania, Yutaka Sanada mengungkapkan bahwa Nissan punya peluang besar untuk bersaing di segmen MPV yang saat ini masih menjadi primadona di Indonesia.

“Saat ini kami fokus untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan mobil penumpang seperti Livina. Kami optimis bisa bersaing karena Livina punya perjalanan panjang di Indonesia,” kata Yutaka beberapa waktu lalu saat peluncuran All New Nissan Livina.

Pihak Nissan merasa masih punya kans untuk lebih baik dalam penjualan Livina karena banyak orang masih tertarik dengan Livina karena kenyamanan khasnya yang disebut-sebut mirip sedan. Hal ini dibuktikan dengan penjualan Nissan Grand Livina 2018 yang mencapai 2.437 unit.

Beralih ke Honda Prospect Motor (HPM) yang menghadirkan New Mobilio dengan ubahan minor pada beberapa bagian seperti New Stylish Frotnt Grill Desaign, New 15 Alloy Wheel dan New 2DIN Audio with Bluetotth dan Hands Free telephone. Ubahan ini ditujukan untuk memikat konsumen karena mereka akan mendapatkan nilai lebih dari mobil MPV andalan mereka ini.

“Memang perubahan yang diberikan pada New Mobilio relatif minor. Tapi tujuan kita memang untuk memberikan nilai tambah velue for money bagi para pengguna Mobilio. Ke depan perubahan major akan dilakukan,” ujar Marketing and After Market Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy.

Dengan penyegaran yang diberikan Honda berharap mampu mempertahankan penjualan Mobilio pada tahun 2018 dimana setiap bulannya mencapai 2.000 unit. Berdasarkan data Gaikindo tahun 2018 penjualan Honda Mobilio Januari hingga Desember mencapai 23.561 unit.

Hangatnya peluncuran model baru awal tahun ini paling tidak memberikan signal bahwa pada tahun 2019, setiap pemain di segmen ini akan berusaha lebih keras dan kemungkinan model-model baru yang ada perlahan-lahan akan menggerus penjualan model-model sejuta umat yang saat ini diperebutkan Avanza dan Xpander sepanjang 2018.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...