Tidak Harus Laser, Bahan Alami Ini Bisa Menghilangkan Bekas Luka

Minggu, 24 Februari 2019 - 12:10 WIB

FAJAR.CO.ID – Bekas luka akibat cedera atau jerawat sulit hilang bahkan setelah luka itu sembuh sejak lama. Ada beberapa metode medis tertentu seperti perawatan laser yang dapat membantu menghilangkannya, tetapi itu membutuhkan buaya yang cukup mahal.

Namun jangan khawatir, laser bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan bekas luka terutama di wajah. Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang mudah didapat dengan biaya yang sangat murah.

Melansir laman Boldsky, berikut beberapa bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan bekas luka, membersihkan dan mencerahkan kulit seperti sedia kala.

1. Madu
Madu memiliki sifat antiseptik, antimikroba dan antioksidan yang membantu membuat kulit sehat. Ia juga memiliki sifat penyembuhan yang membantu menyembuhkan jaringan kulit. Ambil madu di ujung jari Anda. Pijat-pijat di wajah Anda dengan gerakan memutar. Biarkan selama 15 menit. Bilas dan keringkan.

2. Lidah buaya dan jus lemon
Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang membantu menenangkan kulit dan mengobati bekas luka. Dua bahan ini membantu produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi bekas luka.

Lemon mengandung vitamin C yang membantu dalam produksi kolagen dan karenanya membantu mengurangi bekas luka. Juga memiliki sifat pencerah kulit yang membantu untuk meringankan bekas luka selama periode waktu tertentu.

Bahan
1 sdm gel lidah buaya
½ sdm jus lemon

Metode penggunaan
1. Keluarkan beberapa gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya. Tambahkan gel lidah buaya ke dalam mangkuk.
2. Tambahkan jus lemon segar dalam mangkuk dan aduk rata. Cuci muka dan keringkan.
3. Oleskan campuran itu di wajah Anda. Biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.
Gunakan ini tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

3. Cuka sari apel dan madu
Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba yang membantu menjaga bakteri tetap berada di luar. Ini mengandung asam laktat dan asam malat yang membantu pengelupasan kulit dan karenanya mengangkat sel-sel kulit mati. Sangat membantu dalam menghilangkan bekas luka.

Bahan
½ sdm cuka sari apel
1 sdm madu mentah

Metode penggunaan
1. Campurkan kedua bahan menjadi satu.
2. Pijat dengan lembut campuran di wajah Anda. Biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih.
Gunakan ini seminggu sekali untuk hasil yang diinginkan.

4. Putih telur dan lemon
Telur mengandung vitamin A yang membantu mengeringkan noda. Ini memiliki sifat antioksidan yang membantu menjaga kulit bersih dan sehat. Vitamin C dalam telur membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi bekas luka.

Bahan
1 sdm putih telur
½ sdm jus lemon

Metode penggunaan
Campurkan kedua bahan untuk mendapatkan pasta yang halus. Oleskan pasta di wajah Anda. Diamkan selama beberapa menit. Bilas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *