Gelar Perkara Tiga Oknum Polisi Kedapatan Nyabu, Satu Tersangka Sudah PTDH

Selasa, 26 Februari 2019 - 18:29 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulsel melakukan gelar perkara terhadap tiga oknum polisi dan satu perempuan pada kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

Hasil gelar perkara tersebut menetapkan tersangka Herianto (38) memenuhi unsur Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 112 Jo Pasal 132. Dimana pelaku membeli, menyimpan serta menguasai narkotika jenis sabu.

“Tersangka Herianto juga saat ini sudah dilakukan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) sejak 2018 lalu. Jadi bukan anggota polri lagi,”ujar Ditresnarkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan, Selasa (26/2/19).

Peran dari Herianto, kata Hermawan, sebagai pembeli dan pemilik sabu, serta memakai. Berdasarkan Pasal 114, Herianto diancam hukuman penjara 5 sampai 20 tahun.

Sementara tersangka lainnya, Ruslan (33), memiliki peran menguasai dan menggunakan sabu. Dan saat ini Ruslan yang berpangkat Brigpol bertugas di kesatuan Brimob Polda Sulsel.

“Hasil gelar perkara, Ruslan dikenakan Pasal 112 ayat 1, dengan hukuman 4 hingga 12 tahun penjara. Begitu pula dengan perempuan Asriani yang dikenakan Pasal 112,”lanjut Hermawan.

Berbeda dengan Sri Amar (37), yang ditetapkan sebagai tersangka dari hasil gelar perkara. Dikatakan Hermawan, tersangka yang berstatus sebagai anggota polri ini sebagai pecandu narkoba, dan tidak melaporkan diri saat penangkapan terhadap rekannya.

“Tetapi menggunakan di tempat lain, dan sebagai pecandu yang tertangkap di TKP, tetapi tidak melaporkan diri di kantor polisi,”jelas Hermawan.

Tersangka Sri Amar pun dikenakan Pasal 134 ayat 1 sebagai pecandu dan tidak lapor diri. Dengan demikian, ia diancam hukuman 6 bulan penjara. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.