4R Bakal Sentuh Olah Rasio Rasa Raga Ruh

  • Bagikan
JAKARTA – Suasana Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jl Medan Merdeka Barat Jakarta dalam seminggu terakhir begitu riuh. Lampu di ruangan rapat para deputinya, menyala hingga larut malam. Nyaring suara koor menerobos keluar lewat sela-sela pintu. Sesekali keras, saat pintu terbuka, terkadang sayup-sayup lirih pintu tertutup. Apa yang sedang terjadi di kantor Pesona Indonesia itu? Rupanya 5 Deputi dan Sesmen sedang serius bersiap diri tampil di kompetisi Olah Rasa Rakornas – Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata I tahun 2019, yang akan digelar mulai besok di Hotel Sultan, 28 Februari sd 1 Maret 2019. Di sesi Olah Rasa ini mereka akan berkompetisi menjadi yang terbaik, paling kompak, dan paling kreatif. “Rakornasi I 2019 kali ini mengambil tema besar: Transforming Tourism Human Resources, Winning The Global Competition in 4.0 Era. Seperti yang digariskan Presiden Jokowi, bahwa tahun 2019 adalah tahun pembangunan SDM, Sumber Daya Manusia. Kita akan menyiapkan SDM Pariwisata yang siap menghadapi era digital, dengan Tourism 4.0,” jelas Priantono Rudito, Tenaga Ahli Menpar Bidang Strategic Marketing yang juga Co Branding Wonderful Indonesia itu. Tema transformasi Tourism 4.0 itu cukup berat. Tetapi bagi Kemenpar, proses digitalisasi sudah dilakukan sejak 4 tahun silam, ketika Menpar Arief Yahya melakukan evolusi dipercepat. Dari tradisi analog dan konvensional, menggunakan digital di semua lini. Saat ini, di saat 70% travelers sudah go digital, dan 50% wisman atau inbound travelers sudah search and share menggunakan digital, mesin SDM di Kemenpar sudah ready.
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan