5 Masalah Kesehatan Ini Bisa Dilawan dengan Teh Biji Ketumbar

Rabu, 27 Februari 2019 - 07:39 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Biji ketumbar bukan bumbu yang asing lagi dalam masakan. Para ibu rumah tangga hampir setiap hari menggunakannya untuk menambah cita rasa khas makanan. Tak hanya bijinya, daunnya pun enak digunakan dalam resep masakan. Ketumbar juga memiliki manfaat sehat sebagai ramuan aromatik.

Dilansir dari Times of India, Rabu (27/2), ketumbar kaya serat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan bagus untuk meningkatkan pergerakan usus. Ketumbar memiliki sifat anti-diabetes dan meningkatkan pertumbuhan insulin. Selain itu, ada 5 masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan biji ketumbar.

Redakan Nyeri Haid

Jika sedang mengalami aliran menstruasi berat dan nyeri, maka minum segelas air panas yang diinfuskan dengan beberapa biji ketumbar akan memberi sedikit kelegaan.

Tingkatkan Pencernaan

Biji-biji kecil ini ajaib untuk semua masalah usus termasuk kembung, lambung, diare, mual. Kaya serat dan juga sumber antioksidan yang baik. Mereka membantu dalam memproduksi hormon pencernaan, merangsang fungsi hati yang lebih baik.

Turunkan Kolesterol

Biji ketumbar mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Ketumbar kaya akan tembaga, seng, besi dan mineral yang meningkatkan sel darah merah dan meningkatkan kesehatan jantung. Biji ketumbar juga meningkatkan metabolisme.

Kontrol Gula Darah

Biji-biji kecil ini terbukti membantu penurunan berat badan dan mengurangi lemak dari tubuh. Ketumbar adalah sumber antioksidan dan vitamin penting lainnya yang membantu dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Cobalah minum teh ketumbar di pagi hari untuk mengatur kadar glukosa darah. Namun tetap wajib konsultasi dulu pada dokter Anda.

Kegemukan

Minum teh ketumbar atau air infused water ketumbar juga dipercaya bisa menstabilkan berat badan karena bisa mengurangi lemak.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *