7 Manfaat Pala dari Mengatasi Insomnia hingga Menghilangkan Rasa Sakit

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Pala merupakan salah satu rempah-rempah yang umum digunakan dalam berbagai hidangan di berbagai masakan. Pala memiliki aroma manis yang tidak hanya menggugah selera makan tapi juga menyempurnakan citarasa masakan.

Pohon pala juga memiliki banyak khasiat untuk pengobatan. Daun dan bagian lain dari pohon digunakan dalam mengekstraksi minyak esensial serta mentega pala, yang digunakan untuk tujuan kecantikan dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Pala dikemas dengan nutrisi seperti mineral yakni magnesium, mangan dan tembaga; dan vitamin seperti B1, B6, dll.

Dilansir dari laman Food NDTV berikut sederet manfaat pala untuk kesehatan.

1. Antiinflamasi

Buah pala mengandung banyak minyak atsiri esensial seperti myristicin, elemicin, eugenol dan safrole. Menurut buku DK Healing Foods, “Minyak atsiri (pala) memiliki sifat antiinflamasi yang membuatnya berguna untuk mengobati nyeri sendi dan otot.” Hanya beberapa tetes minyak esensial di daerah yang terkena dapat mengobati peradangan, pembengkakan, nyeri sendi, nyeri otot dan luka.

2. Membantu Mengatasi Insomnia

Pala memiliki efek menenangkan bila dikonsumsi dalam dosis yang lebih kecil. Berbagai praktik pengobatan kuno memuji hal ini karena efeknya menginduksi tidur dan menghilangkan stres. Menurut Ayurveda, Anda harus menambahkan sejumput pala ke dalam segelas susu hangat dan memilikinya sebelum tidur. Anda juga dapat menambahkan beberapa almond dan sedikit kapulaga untuk manfaat tambahan.

3. Membantu Pencernaan

Pala mengandung minyak esensial yang memiliki efek karminatif pada sistem pencernaan. Jadi, jika Anda menderita masalah pencernaan seperti diare, sembelit, kembung atau gas, obat rumahan adalah dengan memarut sejumput pala menambahkannya dalam sup dan semur Anda, lalu mengonsumsinya. Ini akan membantu dalam sekresi enzim pencernaan yang melegakan, sedangkan kandungan serat dalam pala akan membantu dalam pergerakan usus. Pala juga membantu menghilangkan gas yang berlebihan dari sistem pencernaan.

4. Kesehatan Otak

Pala adalah afrodisiak, merangsang saraf di otak. Umumnya digunakan sebagai tonik otak oleh orang Yunani dan Romawi pada zaman kuno. Pala dikenal sebagai bahan yang efektif untuk mengobati depresidan kecemasan karena minyak esensial cenderung mengurangi kelelahan dan stres.

“Sebagai adaptogen, itu bisa menjadi stimulan dan obat penenang, sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pada saat stres, pala dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebaliknya, rempah ini juga dapat meningkatkan suasana hati Anda dan bertindak sebagai tonik dan stimulan, menyembuhkan berbagai penyakit atau lelah” sebagaimana disebutkan dalam buku DK Healing Food. Ia juga dikenal membantu konsentrasi.

5. Enyahkan Bau Mulut

Bau mulut bisa menjadi pertanda keracunan dalam sistem pencernaan Anda. Gaya hidup yang tidak sehat dan diet yang tidak tepat dapat membangun racun di organ dalam tubuh. Pala disebut-sebut membantu detoksifikasi tubuh, membersihkan racun dari hati dan ginjal.

Karena minyak atsirinya memiliki sifat antibakteri, pala membantu menghilangkan bakteri dari mulut yang menyebabkan bau mulut. Ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk pasta gigi dan pasta gusi Ayurvedic. Minyak esensial eugenol membantu meredakan sakit gigi.

6. Kecantikan Kulit

Pala adalah bahan yang baik untuk perawatan kulit karena sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk menghilangkan komedo, mengobati jerawat dan pori-pori tersumbat. Obat rumahan yang umum adalah mencampur bagian yang sama dari pala tanah dan madu, membuat pasta dan mengoleskannya pada jerawat. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Anda juga bisa membuat pasta menggunakan bubuk pala dan beberapa tetes susu, dan memijatnya ke kulit Anda sebelum dibilas hingga bersih. Ini dapat digunakan dalam scrub bersama dengan oatmeal, kulit jeruk, dll.

7. Tekanan Darah dan Sirkulasi

Kandungan mineralnya yang tinggi menjadikan pala sebagai bahan yang baik untuk mengatur sirkulasi dan tekanan darah. Pala mengandung kalsium, zat besi, kalium, mangan, dll, yang semuanya penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Sifatnya yang mengurangi stres membantu merilekskan pembuluh darah sambil menjaga jantung berfungsi secara efisien.

Catatan: Pala harus selalu digunakan dalam dosis yang lebih kecil baik dalam masakan atau pengobatan rumahan untuk mengobati berbagai penyakit. Jika digunakan dalam dosis yang lebih besar, dapat menyebabkan mual, halusinasi, dan jantung berdebar.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment