4 Kesalahan Mencuci Wajah yang Bisa Hilangkan Minyak Alami Kulit

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Mencuci wajah memiliki fungsi untuk membersihkan sekaligus memperbaiki kulit. Pembersih wajah bisa menentukan apakah kulit Anda bisa terhidrasi dengan baik atau berjerawat. Sehingga jika tidak dilakukan dengan benar, mencuci wajah justru bisa menghancurkan kulit.

Untuk itu, Anda perlu tahu apa saja yang seharusnya tak dilakukan saat mencuci muka. Di bawah ini, beberapa kesalahan saat mencuci muka yang paling umum seperti dilansir dari Elle, Jumat (1/3).

1. Mencuci Wajah dengan Kandungan yang Keras

Menggunakan pembersih dengan bahan-bahan yang menghilangkan minyak alami akan mempengaruhi sifat penghalang kulit. Hindari pembersih gel karena dapat mengeringkan kulit Anda jika menggunakannya beberapa kali sehari. Sebagai gantinya, pilihlah tekstur yang creamy atau seperti lotion. Cuci wajah yang diformulasikan dengan benar akan membantu mempertahankan dan mengisi kembali keseimbangan kelembaban kulit Anda.

2. Terlalu sering Mencuci Muka

Membersih muka saat kotor memang wajib dilakukan, tapi jangan terlalu sering. Risiko terbesarnya adalah Anda bisa mengikis minyak alami dari kulit Anda. Pakai pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan. Seperti mengandung gliserin serta shea butter, ekstrak biji anggur, dan esensi air.

3. Pembersih Mengandung Parfum

Jika kulit Anda terus-menerus kering dan berubah menjadi merah mungkin inilah saatnya untuk beralih ke pembersih yang khusus diformulasikan untuk kulit sensitif. Usahakan untuk memakai produk pembersih yang tidak mengandung parfum.

4. Anda Mencuci dengan Air Panas

Air panas dapat menyapu semua minyak baik yang dibutuhkan kulit Anda dan dapat menyebabkan kemerahan serta jerawat. Kecuali jika Anda mencucinya sekali dengan air suam-suam kuku. Kemerahan dan jerawat muncul saat kulit Anda menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbangi minyak yang hilang.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...