Buat Millenial, Berikut 4 Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Jumat, 1 Maret 2019 - 17:38 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Permasalahan gigi sensitif kini kerap dialami generasi millenial. Kasus ini tentunya sangat menjengkelkan, bagaimana tidak, saat Anda akan menikmati makanan dan minuman favorit tapi tiba-tiba merasakan gigi ngilu.

Nah jika Anda mengalami gigi ngilu yang sangat mengganggu jangan putus asa, Callista Argentina Wulansari, SKG, Drg, CHt selaku dokter gigi membagikan empat tips yang dapat dilakukan millennials dalam mengatasi gigi sensitif, yaitu:

1. Mengidentifikasi penyebab sensitif
Gigi ngilu gak selalu gigi sensitif. Jadi hal pertama yang harua dilakukan adalah mencari tahu apakah gigi ngilu disebabkan gigi sensitif, gigi berlubang, atau karang gigi.

“Jika mengalami gigi ngilu segera ceckup ke dokter untuk mengidentifikasi penyebab gigi sensitif agar tau langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya,” jelas Callista pada konferensi pers dan edukasi konsumen pada Gigi sensitif oleh Sensodyne Rapid Relief di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (1/3).

2. Mengurangi kebiasaan yang memicu gigi sensitif
Tips kedua ialah menghindari kebiasaan yang memperparah gigi ngilu seperti menggigit es batu, makan atau minum minuman terlalu dingin atau panas, makanan dan minuman asam.

“Jangan langsung menyikat gigi setelah minum minuman asam. Karena minuman yang asam akan memperlunak permukaan gigi. Jika langsung disikat akan menyebabkan mineral gigi terbuang sehingga gigi gampang ngilu.

“Kalau habis minum minuman asam biarkan dulu, baru sikat gigi supaya tidak terbuang mineralnya saat sikat gigi,” ujarnya.

3. Menyikat gigi secara benar
Gunakan pasta gigi sepanjang bulu sikat gigi dan ratakan.
– Masukan sikat gigi yang telat diberi pasta gigi ke dalam mulut. Agar pasta tidak menempel pada satu bagian saja, ratakan pasta pada gigi bagian sebelah kanan dan kiri. Kemudian gosok gigi dengan perlahan.
– Posisi sikat gigi membentuk 45 derajat kemudian gosok gigi secara perlahan dan┬ámemutar. Gunakan sikat gigi dengan cara memutar pada gigi bagian dalam.
– Gosok semua permukaan gigi graham dengan menggunakan ujung bulu sikat. Anda harus menggosoknya dengan perlahan agar bulu sikatnya tidak membengkok, karena akan membuat sika gigi tidak dapat menjangkau gigi graham.
– Gosok gigi dengan posisi tegak gerakan searah vertikal ke atas dan ke bawah untuk membersihkan gigi depan dan gigi bagian dalam.
– Menyikat lidah setela selesai menggosok gigi dapat menghilangkan bakteri sehingga nafas lebih segar dan terhindar dari bau mulut.
– Sikat gigi cukup dua kali sehari yakni pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

4. Memilih produk pasta gigi yang tepat dan rutin memakainya
Pilih pasta gigi yang tepat sesuai gigi Anda.┬áJangan menggunakan pasta gigi secara berlebihan. “Pasta gigi kan macam-macam, ada pasta gigi yang ada scrabnya seperti pasir, ini diperuntukkan bagi perokok untuk menghilangkan plak gigi. Untuk gigi sensitif pilihlah pasta gigi khusus buat gigi sensitif,” jelasnya. Dan, pilihlah sikat gigi dengan bulu lembut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.