Coreng Dunia Pendidikan, Film ‘Dilan 1991’ Didemo Mahasiswa

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Penayangan perdana film ‘Dilan 1991’ mendapat kecaman dari sejumlah organisasi mahasiswa di Makassar dengan melakukan unjuk rasa di Mal Panakkukang, Kamis (28/2/19).

Bahkan, unjuk rasa mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan Nasional ini mendapat perlawanan dari pihak XXI, sehingga terjadi saling dorong diantara keduanya.

Mahasiswa yang berunjuk rasa dari sore hari hingga malam ini menuntut agar pihak XXI tidak melakukan pemutaran terhadap film ‘Dilan 1991’. Lantaran film tersebut mencoreng dunia pendidikan.

“Jika melihat refleksi di film dilan ada adegan yang mencoreng moral pendidikan di dalamnya,”ujar Jenderal Lapangan, Mika.

Dia mengatakan bahwa dalam film tersebut ditemukan begitu banyak adegan-adegan yang melanggar hukum, sesuai dengan UU RI Nomor 33 Tahun 2009 tentang perfilman.

Dalam film tersebut, kata Mika, dinilai telah mempertontonkan adegan asusila, dan amoral yang bertentangan dengan KUHP. Selain itu, film Dilan 1991 ini diduga melecehkan profesi guru sebagai tenaga pendidik.

“Jika tidak memberhentikan pemutaran film dilan 1991 kami akan memboikot XXI,”tegasnya. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar