Cara Nola Baldy Berbagi Cinta dengan Keluarga

March 3, 2019

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Berbagi adalah keterampilan hidup yang penting. Kemampuan berbagi ini harus dipelajari oleh bayi, balita, dan anak-anak, sehingga mereka dapat belajar berinteraksi dengan baik, berteman dan bermain bersama anak-anak sebayanya, dan orang-orang di lingkungan sekitarnya secara kopoeratif.

“Agar dapat memiliki kemampuan berbagi ini, anak-anak harus merasakan koneksi kuat dan juga merasa dicintai dan diterima dengan hangat baik oleh orang tua maupun keluarga,” jelas Elisabeth Santosa, Psikolog Pendidikan dan Anak.

Nola Baldy, ibu tiga anak, membagikan arti pentingnya berbagai di keluarga.

“Buat saya dan suami, menjadi tanggungjawab bersama untuk mengajarkan pendidikan dasar di keluarga, salah satunya membekali anak-anak dengan ilmu berbagi, dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Nola pada Grand Final Cussons Bintang Kecil 7 di Gandaria City Mall, Jakarta, Minggu (3/3).

Untuk mengajarkan berbagi, menurut Nola, dimulai dari orangtua yang harus menjadi contoh. “Ketika anak-anak sudah bisa menerapkan berbagi dalam kehidupan sehari-hari, mereka akan menjadi anak yang bisa diterima dengan baik di lingkuangannya dan menjadi lebih percaya diri sehingga lebih mudah mencapai keinginan dan cita-citanya,” ujar Nola.

Meski begitu, Nola mengaku tidak mudah mengajarkan ketiga anaknya tentang indahnya berbagi. Masing-masing anak memiliki sifat berbeda. Maka kembali lagi, orangtua harus menjadi contoh yang baik. Diawali dari mengajarkan empati. Ketika anak sudah bisa berempati, ia akan lebih mudah berbagi.

“Misalnya Naura (anak pertama Nola yang meniti karir sebagai penyanyi cilik), sudah mengerti bahwa dengan bernyanyi dia sudah dapat membagi kebahagiaan dengan orang lain,” tambah Nola sembari meyakini bahwa dengan berbagi kesenangan, maka semuanya akan kembali ke kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *