Ini Rekomendasi Kemenhub Agar LRT Koridor I Jakarta Dapat Beroperasi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah tahun ini berkomitmen untuk menyelesaikan serta mengoperasikan berbagai proyek infrastruktur perkeretaapian.

Dimulai dari pembangunan double-double track lintas Manggarai – Cikarang, MRT Phase I lintas Bundaran HI – Lebak Bulus, LRT Jabodebek lintas (Cawang – Cibubur, Cawang – Dukuh Atas dan Cawang – Bekasi Timur) dan LRT Jakarta Koridor 1 lintas Velodrome – Kelapa Gading.

“LRT Jakarta Koridor 1 sebagai salah satu dari proyek perkeretaapian tersebut, dalam waktu dekat akan dioperasikan untuk melayani masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri seperti dikutip JPNN.com (Jawa Pos Group), Minggu (3/3).

LRT sepanjang ± 5,7 km ini akan melayani masyarakat dengan layanan yang melewati lima stasiun yaitu: sta. Velodrome, sta. Pacuan Kuda, sta. Pulo Mas, sta. Kelapa Gading Boulevard dan sta. Kelapa Gading.

Selain pembangunan jalur KA dan beberapa stasiun, juga turut dibangun Depo sarana LRT Jakarta di wilayah Kelapa Gading.

“Saat ini, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sedang dan telah melaksanakan pengujian-pengujian terkait kesiapan LRT Jakarta untuk bisa dioperasikan. Pengujian-pengujian ini dilaksanakan untuk memastikan kelaikan untuk jaminan persyaratan teknis dan operasional baik itu prasarananya maupun sarananya,” jelas dia.

Dengan dibangunnya LRT Jakarta secara bertahap ini diharapkan bisa mempercepat penyelesaian serta pengoperasian LRT Jakarta.

Sebagai informasi, LRT Jakarta ini direncanakan akan dibangun sepanjang ± 116 Km untuk melayani masyarakat di wilayah Jakarta.

Dengan beroperasinya LRT ini diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi menuju penggunaan angkutan umum massal/LRT.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...