Pasar Ikan Modern Muara Baru Akan Diresmikan Jokowi Pertengahan Maret

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Para pedagang di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru sudah menempati lapak-lapak sejak 17 Februari 2019 lalu. Mereka meninggalkan tempat pelelangan ikan yang lama dan menikmati tempat lelang ikan baru.

Aktivitas bongkar muat ikan dari pelabuhan menuju PIM juga sudah terlihat. Mereka tampak menikmati suasana baru tempat pelelangan ikan di Muara Baru, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Bangunan yang berdiri di atas lahan 9.856 meter persegi dengan 992 unit lapak pedagang itu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada pertengahan Februari ini. Pasar modern pertama di Indonesia itu sudah rampung dibangun sejak awal 2018 lalu.

Pantauan di lokasi, meskipun belum diresmikan langsung oleh Presiden, ratusan pedagang sudah beraktivitas melelangkan ikan di PIM. Ada pula pedagang yang sibuk menunggu kiriman muatan ikan. Selain itu, tak sedikit pedagang yang sibuk membersihkan dan mengemas ikan-ikan hasil tangkapan di laut.

Pintu masuk utama menuju PIM terkesan modern. Dibuat dengan dinding dan pintu kaca sensor otomatis, pengunjung bisa masuk secara otomatis tanpa repot-repot membuka pintu. Hal itu menambah kesan modern dari PIM Muara Baru.

Di sisi kiri gedung, terdapat eskalator untuk membawa pengunjung ke lantai dua. Sementara, di lantai dua sendiri merupakan tempat food court yang rencananya menjajakan kuliner ikan Nusantara. Selain itu, sarana prasarana pendukung seperti IPAL, fiber bak ikan, instalasi air bersih, MCK sudah tersedia. Bahkan, di sisi kanan gedung sudah berdiri masjid yang cukup megah.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...