Jokowi Minta Siswa-Siswi Taruna Nusantara Lawan Hoax di Tahun Pemilu

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAGELANG – Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada 366 siswa siswi SMA Taruna Nusantara, Magelang di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3).

Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan pesan soal menjaga kesatuan NKRI di tahun politik. Ia meminta kepada siswa-siswi untuk meluruskan kabar bohong alias hoax yang beredar di media sosial.

“Jangan sampai karena perbedaan ini kita menjadi tidak seperti saudara tanah air. Ini biasanya dimulai dari politik. Kita sering diaduk-aduk karena ini. Padahal pemilu tiap lima tahun,” jelasnya.

“Siswa harus berani meluruskan kalau ada kabar bohong yang beredar di medsos. Yang benar katakan benar, salah katakan salah. Jangan dibalik-balik,” ungkapnya.

Jokowi menerangkan persatuan adalah modal dan aset terbesar negara. Ia menekankan rugi besar jika hanya karena urusan politik pertemanan menjadi rusak. Untuk itu, perlu kematangan politik sedari dini.

“Sudah jadi anugerah dari Tuhan atas perbedaan itu. Jangan sampai karena perbedaan ini kita menjadi tidak seperti saudara tanah air,” ungkapnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan di era disrupsi teknologi segala informasi bisa masuk melalui sosial media. Informasi yang didapat itu bisa mengacaukan pemikiran usang menjadi baru.

Dimana, artinya akan terjadi perubahan landscape politik, ekonomi dan sosial secara global dan nasional yang melanda semua negara.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...