Lakukan Langkah Kecil Ini Jika Ingin Hidup Sehat

Senin, 4 Maret 2019 - 09:42 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Manusia adalah
creature of habit, atau makhluk yang terbentuk dari kebiasaan. Habit sendiri bisa terbentuk bila sebuah aksi dijalankan dengan rutin dan terus menerus. Ketika melakukan tindakan baru, psikis manusia melawannya karena tidak sesuai dengan kebiasaan yang telah tertanam.

“Itulah mengapa mempraktikkan kebiasaan baru, seperti memulai berolahraga atau mengonsumsi makanan sehat, cenderung berujung kegagalan. Sebab, psikis manusia sudah terpola dengan kebiasaan lama dan menolak rutinitas baru,” ujar Vera Itabiliana, pakar psikologi pada konferensi pers Beko Indonesia di Jakarta baru-baru ini.

Untuk melawan inertia (memberikan perlawanan terhadap perubahan bahkan meskipun peralihan yang positif, termasuk hidup lebih sehat) dan faktor psikologis, kata Vera komitmen diri menjadi vital. Tak cukup itu, faktor penunjang eksternal juga krusial.

“Melakukan langkah-langkah kecil untuk memulai perubahan kebiasaan berdampak yang jauh lebih efektif, asalkan konsisten,” ujar Vera.

Untuk bisa menjalankannya, kata ia lingkungan di sekitar harus bisa mendukung dan memantik motivasi sehingga kebiasaan baru segera terbentuk. lingkungan tersebut tidak harus keluarga, pasangan atau teman, tetapi juga sumber daya yang lain seperti peralatan rumah tangga.

“Misalnya, dengan menggunakan peranti yang multifungsi, berteknologi mutakhir dan mudah digunakan, maka pekerjaan rumah tangga bisa cepat selesai sehingga ada waktu luang lebih banyak untuk berolahraga,” tambah Vera.

Senada dengan Vera, lvin Hartanto, Lifestyle Nutrition Expert juga menyampaikan manfaat langkah kecil dalam penerapan kebiasaan baru yang lebih sehat. WHO merekomendasikan setiap individu untuk beraktivitas fisik minimal 150 menit dalam sepekan.

“Artinya kurang dari 30 menit per hari, tubuh sudah mendapatkan dampak kesehatan yang positif,” kata Alvin.

Sementara, dari sisi asupan, untuk mengurangi konsumsi karbohidrat, gula dan lemak berlebih,
bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri di rumah.

“Nilai tambahnya, memulai kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat ternyata tidak perlu rumit dan memerlukan banyak biaya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.