Menengok Kecanggihan Daihatsu Xenia Dengan Kapasitas 1.500 cc

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN – Persaingan otomotif di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) semakin ketat. Namun, dengan beragam perubahan yang dibawa pada awal 2019 diyakini bisa mengokohkan nama Grand New Xenia di kelas tersebut.

Kepala Cabang PT Astra International Tbk Balikpapan Yodiyanto mengatakan, demi mempertahankan pangsa pasar, Daihatsu tahun ini meluncurkan Grand New Xenia. “Di Balikpapan, kami sudah meluncurkan bulan lalu dan dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi,” ujarnya dikutip Kaltim Post (Jawa Pos Grup), Senin (4/3).

Dia tak memungkiri persaingan di kelas low MPV semakin ketat. Tidak bisa lagi seperti dulu. Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza mulai waswas karena pesaing mengeluarkan produk-produk baru di kelas Low MPV. Untuk itu, pihaknya memberikan banyak perubahan untuk memenangi hati konsumen.

“Tidak tanggung-tanggung, Daihatsu Xenia tampilannya kami buat lebih elegan. Selain itu banyak perubahan yang kami bawa. Untuk pertama kalinya juga kami mengeluarkan mesin 1.500 cc,” katanya.

Sejak pertama dipasarkan pada 2004, baru pada awal 2019 ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengeluarkan Xenia dengan mesin 1.500 cc untuk konsumennya. Model ini pun langsung menjadi varian tertinggi di keluarga Xenia yang dihadirkan dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Dari sisi keunggulan, pada Xenia model baru, spion memiliki desain baru dan tidak lagi berbentuk kotak. Spion juga sudah dilengkapi dengan lampu sein LED serta fitur pelipat otomatis atau retractable.

Tak hanya itu, pada model baru tidak lagi ditemukan pilihan pelek kaleng seperti Xenia pendahulunya. Ada tiga pilihan pelek dengan palang berbeda menyesuaikan varian yang ditawarkan. Soal harga, ada kejutan dari PT Astra Daihatsu Motor sebagai agen pemegang merek. Sama seperti Avanza, Xenia terbaru tidak akan mengalami kenaikan harga.

Di Balikpapan, harga Xenia baru dihargai mulai dari Rp 188 juta. Pihaknya juga memberikan uang muka ringan serta promo menarik. Saat launching, ia menyebutkan ada 15 spk yang pihaknya dapatkan. Melihat itu, ia semakin optimistis penjualan Xenia dapat kembali meroket.

Bagian interiornya juga ikut dibenahi. Ini bisa dilihat dari kabin, yang didominasi warna hitam dengan kombinasi beige, head unit layar sentuh serta pengaturan pendingin kabin secara digital. Spesifikasi mesin sama persis dengan versi terdahulu. Tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Terkait fitur keamanan, Grand New Xenia mengusung fitur canggih, yakni perangkat rem antikunci atau anti-lock braking system dan electronic brakeforce distribution. Tapi hanya tersedia di varian tertinggi. Ia menargetkan produk baru ini bisa mendorong pangsa pasar Xenia di angka 30 persen di Kaltim, tahun lalu posisi di angka 28 persen.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...