Sidang Eksepsi Bahar Bin Smith Dikawal Lebih Banyak Massa

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Sidang lanjutan kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan Bahar bin Smith tidak lagi digelar di Pengadilan Negeri Bandung. Rencananya sidang akan digelar di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Bandung, Rabu (6/3).

Kuasa hukum Bahar bin Smith, Aziz Januar berharap massa yang akan datang ke gedung Dispusipda Bandung akan lebih banyak saat di Pengadilan Negeri Bandung lalu.

“Iya saya berharapnya begitu (sidang eksepsi akan dikawal oleh massa lebih besar lagi),” kata Aziz saat dikonfirmasi, Senin (4/3).

Perlu diketahui, bahwa pada aksi pertama terpantau massa melakukan pengawalan persidangan perdana Bahar bin Smith. Dengan bersolawat dan berorasi di depan pengadilan hingga sidang berakhir. Bahkan, seorang orator mengklaim ada seribu peserta aksi dan nanti pada persidangan berikutnya akan lebih banyak lagi.

Selain itu, Aziz pun menjelaskan bahwa ada empat poin yang akan menjadi bahan eksepsi pada Rabu (6/3). Diantaranya lokasi persidangan digelar di Bandung padahal yurisdiksi di Cibinong.

Kemudian pihaknya mempertanyakan soal majelis hakim dari PN Bandung bukan dari Cibinong. Ketiga soal dakwaan yang dianggap kabur, soal pasal yang dikenakan yakni perlindungan anak dan KUHAP, atau keduanya.

“Satu lagi terkait dengan surat dakwaan dikasih satu malam sebelum sidang. Harusnya menurut KUHAP pasal 144 itu satu hari sebelum persidangan di kasih ke terdakwa atau keluarga. Dikasihnya Rabu malam, jadi enggak sesuai aturan itu kan,” ungkapnya.

Sementara, kondisi Bahar bin Smith saat ini dalam keadaan sehat. Walaupun sebelumnya pihak kuasa hukum meminta untuk dipindah rutan dari Polda Jawa Barat karena faktor ketidaknyamanan.

“Alhamdulillah sehat enggak ada masalah. Ya situ saja, dia enggak betah di Polda minta dipindah. Karena enggak nyaman, dibuat susah untuk kunjungan dipersulit, lalu kondisi lainnya,” tandasnya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...