Ingin Jadi Barista Andal? Ikuti Tips Berikut

Selasa, 5 Maret 2019 - 08:47 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Image “keren” kini melekat pada diri barista. Pesatnya pertumbuhan industri kopi di Tanah Air profesi barista semakin mencuri perhatian. Bagaimana tidak, kepiawaian seorang barista dalam meracik kopi menjadi daya tarik tersendiri. Maka tidak heran jika profesi barista kian banyak diminati milenial.

Mikael Jasin selaku Indonesia Barista Champion 2019 mengungkapkan bahwa jangan hanya memandang profesi barista dari tampilannya saja tapi bagaimana bisa menjadi barista terbaik.Tak jauh beda dengan profesi lainnya, menjadi barista juga membutuhkan usaha dan kerja keras.

“Kalau mau jadi barista ya harus bekerja keras dan banyak belajar. Jangan dipikir menjadi barista sebagai pilihan gampang. Kalau mau nyemplung itu belajar sedalam mungkin dan belajar untuk kompetisi. Jangan hanya luarnya saja,” ujar Mikael pada konferensi pers Champions’ Hub Jakarta 2019 di kawasan Pluit, Jakarta, Senin (4/3).

Dikatakan Mikael untuk menjadi barista andal dibutuhkan kemampuan apa saja. Menurutnya barista tak hanya harus mampu menyajikan kopi yang enak, tapi juga mampu membedakan jenis kopi yang beraneka ragam.

“Untuk menilai kopi enak itu subjektif banget. Sejujurnya cara bikin kopi begitu saja. Cuma pelajari rasanya. Banyak nyobain kopi dari berbagai daerah jadi gak hanya cobain satu sudah suka. Jadi harus banyak lebih mengenal kopi apalagi kopi di Indonesia kualitasnya luar biasa,” tambah pemilik kedai kopi Common Grounds Coffee Roaster.

Selain itu, lanjut Mikael barista juga harus memiliki ketertarikan untuk menjalin relasi dengan petani kopi. Karena, ketika mengenal petani kopi maka barista tak hanya tahu bagaimana mempresentasikan kopi tapi juga mengetahui seluk beluk kopi.

Kemudiandari segi harga dan kualitas, kopi yang diambil dari petani secara langsung juga lebih terjangkau dan berkualitas.

“Dadipada kita membeli lewat pihak ketiga, harganya juga lebih mahal. Kualitas juga lebih bagus yang langsung dari petani kopi,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.