Peringati 70 Tahun Hubungan Indonesia – Italia Lewat Pameran

Selasa, 5 Maret 2019 - 19:05 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tahun 2019 menandakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik bilateral antara Republik Italia dan Republik Indonesia. Untuk merayakan peristiwa penting ini, Kedutaan Besar Italia telah menyiapkan serangkaian acara yang akan berlangsung sepanjang tahun dimulai dengan pameran ‘Italy: The Beauty of Knowledge’.

Duta Besar Italia untuk Indonesia Vittorio Sandalli bersama Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Abdurrahman Muhammad Fahir meresmikan pameran ‘Italy: The Beauty of Knowledge’ di Museum Nasional, Jakarta hari ini, Selasa (5/3).

Pameran ini akan dibuka untuk umum hingga 31 Maret 2019 dan menampilkan berbagai keunggulan ilmiah dari Italia dan teknologi canggih di bidang Health (Kesehatan), Environment (Lingkungan), Space (Ruang Angkasa), Food and Nutrition (Pangan dan Gizi), serta Cultural Heritage (Warisan Budaya).

“Kami dengan bangga mempersembahkan kontribusi penelitian dan inovasi hingga penemuan baru dari Italia yang dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat baik lokal maupun global,” kata Vittorio Sandalli saat konferensi pers sesaat sebelum pembukaan pameran ‘Italy: The Beauty of Knowledge’.

‘Italy: the Beauty of Knowledge’ merupakan sebuah pameran instalasi seni yang dipromosikan dan dibiayai oleh Italian Ministry of Foreign Affairs and International Cooperation dan dikoordinasikan oleh National Research Council.

Pameran ini menampilkan koleksi dari empat museum ilmu pengetahuan Italia yakni Fondazione Idis-Città della Scienza di Naples, Museo Galileo Galilei di Florence, Museo delle Scienze – Muse di Trento, dan Museo Nazionale Scienza e Tecnologia Leonardo da Vinci di Milan.

“Pameran ini akan menghadirkan pengalaman yang menarik dan emosional, serta sebuah kesempatan untuk mempelajari keunggulan penelitian sains dan teknologi yang dilakukan di Italia,” lanjut Vittorio Sandalli.

Pada kesempatan yang sama Abdurrahman Muhammad Fahir juga menerangkan bahwa pameran ‘Italy: the Beauty of Knowledge’ merupakan sarana merayakan kerjasama 70 tahun antara Indonesia dengan Italia dengan mengedepankan teknologi dan knowledge.

“Bagaimana kita megambil 70 tahun hubungan ini. Pada saat yang sama Kedutaan Besar di Roma mengedepankan Indonesia. Kita kedepankan ekonomi kreatif Indonesia, fashion, UKM yang dikenalkan di Italia,” jelas Abdurrahman.

Begitu juga dengan kuliner. “Kalau kita bawa ke sejarah 70 tahun sangat panjang. Ada masa Presiden Soekarno memperluas wawasan Pancasila kita di sana dan diskusi di Roma tentang prinsip Pancasila,” lanjut ia.

Dr. Nicola Bianchi, Scientific Attaché dari Kedutaan Italia di Singapura, menjelaskan, pameran ini bertujuan untuk menampilkan aspek non-tradisional, kreatif, dan dinamis yang membentuk sistem penelitian Italia dan menggabungkan pengetahuan dengan tradisi artistik serta gaya hidup masyarakat Italia dan art of well-being (seni kesejahteraan/kesehatan).

“Melalui kelima tema pameran, ‘Renaissance Spirit’ merupakan komponen yang penting dan signifikan dari penelitian dan inovasi masa lalu dan masa kini di Italia, dan sebagai model budaya yang akan disebarluaskan ke seluruh dunia,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.