5 Khasiat Ubi Bagi Kesehatan yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Kamis, 7 Maret 2019 - 08:07 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ubi merupakan salah satu jenis umbi-umbian selain singkong dan kentang. Ubi mengandung karbohidrat yang lebih rendah ketimbang nasi. Karena itu, ubi banyak digunakan sebagai sumber karbohidrat atau energi sejak zaman dahulu.

Ubi memiliki kandungan serat dsn vitamin A yang mendukung kesehatan tubuh. Mineral dan senyawa yang terkandung pada ubi disebut fitonutrien.

“Saya menyarankan orang berpikir tentang ubi seperti sumber karbohidrat lain. Ubi adalah sumber karbohidrat sebesar 24 gram seperti kentang berukuran sedang,” jelas Direktur Nutrisi di Precision Nutrition dan Anggota dewan penasihat Men’s Health, Brian St. Pierre.

Mengonsumsi ubi setiap hari memberikan manfaat bagi tubuh seperti dilansir dari Men’s Health, Kamis (7/3). Jika masyarakat bisa mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi dan tepung dengan ubi, maka bisa menstabilkan berat badan dan terhindar dari obesitas.

Berikut 5 fakta ubi bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Kaya Serat

Ubi jalar kaya serat. Ubi juga baik untuk kesehatan kulit. Satu ubi sedang mengandung karbohidrat sekitar 3,8 gram. Serat bisa mengurangi kadar hormon kelaparan, meningkatkan produksi hormon seperti cholecystokinin yang membuat tubuh merasa kenyang.

2. Kontrol Gula Darah

Ubi mengandung Glikemik Indeks (GI) atau glukosa yang lebih rendah dari nasi. Ubi membantu memperlambat pencernaan, meningkatkan kontrol gula darah, dan bisa membuat lebih terasa kenyang.

3. Kurangi Risiko Obesitas

Secara khusus, ubi memiliki sejenis serat yang disebut pati resisten. Menurut beberapa penelitian, serat itu dapat membantu mengurangi risiko obesitas.

4. Rendah Kalori

Ubi jalar bisa menurunkan berat badan. Selain sarat manfaat kesehatan, kalori ubi juga tidak setinggi kalori sunber karbohidrat lainnya.

5. Batasi Nafsu Makan

Ubi memiliki kandungan air yang tinggi (yang dapat menekan nafsu makan). Sehingga seseorang cenderung lebih kenyang.

Hal yang Perlu Diperhatikan:

Mengonsumsi segala jenis makanan berlebih dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Sedangkan ubi paling baik jika dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang. Dan tidak seharusnya jika ubi dikonsumsi dengan cara digoreng atau mengolahnya menjadi santapan manis seperti pie ubi, karena akan tidak sehat. Lupakan gula, daging, hingga mentega saat menyantap ubi.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *