Awas Ada Speed Camera! Pelanggar Jalan Tol Bisa Kena Pasal Berlapis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta seluruh operator jalan tol memasang speed camera atau CCTV pemantau kecepatan. Wacana ini tinggal menunggu aturan baku.

Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Risal Wasal mengatakan, pemasangan speed camera dilakukan sebagai upaya peningkatan keselamatan. Melalui cara itu, Kemenhub bersama pihak terkait bisa melakuka evaluasi dan pemantauan.

“Kita akan melakukan evaluasi dan maping data di semua ruas jalur tol kita pasang rambu-rambu untuk batas kecepatan di jalan tol tersebut,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (8/3).

Melalui speed camera tersebut, nantinya pihak kepolisian bisa memberikan informasi pelanggaran. Pelanggar juga diancam pasal berlapis.

“Penegakan hukum tidak hanya pasal KUHP kemudian juga pada pelanggaran terhadap UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ. Jadi ada pasal berlapis untuk para pelanggar lalu lintas. Ada kemungkinan kena itu,” tuturnya.

Di sisi lain, pihaknya juga akan menerapkan aturan penggunaan stiker pemantau di setiap kendaraan. Hal itu dilakukan lantaran kecelakaan yang terjadi karena mobil di depannya tidak terlihat.

“Nanti akan kita naikkan dalam bentuk permen agar bisa menyeluruh. Salah satu penyebab kecelakaan itu di belakang karena tidak terlihat jarak jauh, makanya kita pasang stiker pemantul biar keliatan dari jauh,” tandasnya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...