Jeruk Nipis atau Lemon, Mana yang Lebih Baik Kandungan Gizinya?

Jumat, 8 Maret 2019 - 08:17 WIB

FAJAR.CO.ID – Lemon dan jeruk nipis adalah dua jenis buah dalam satu keluarga, yang banyak dikonsumsi sehari-hari. Bisa untuk menu kuliner, atau kini banyak orang meminumnya untuk kesehatan misalnya dalam bentuk air infused atau infused water.

Dilansir dari Healthline, Jumat (8/3), kedua buah ini terkenal karena rasanya asam. Mereka dapat digunakan dalam memasak, pengawetan makanan, atau hanya untuk memberi rasa. Minyak esensial lemon dan jeruk nipis juga sering digunakan untuk keperluan kosmetik dan obat-obatan. Mereka juga termasuk dalam banyak produk pembersih rumah tangga karena aromanya dan kandungan sifat antibakteri yang dimilikinya.

Meskipun lemon dan jeruk nipis adalah buah yang sangat berbeda, keduanya memiliki banyak karakteristik yang sama terutama jika menyangkut nilai gizi dan manfaat kesehatan. Dalam 100 gram, masing-masing buah memberikan nutrisi berikut kandungan makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Lemon menyediakan lebih banyak vitamin C dari pada jeruk nipis. Akan tetapi secara keseluruhan, lemon menawarkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang sedikit lebih besar, termasuk kalium, folat, dan vitamin B6.

Dalam hal memasak, kedua buah jeruk ini digunakan dengan cara yang sama. Keduanya merupakan tambahan yang sangat baik untuk saus salad, saus, bumbu, minuman, dan koktail. Karena jeruk nipis lebih pahit, jeruk nipis sering digunakan untuk hidangan gurih, sedangkan lemon lebih cocok untuk hidangan gurih dan manis.

Sehingga, taka ada pilihan yang salah. Keduanya sama baiknya dari sisi manfaat dan khasiat. Lemon dan jeruk nipis adalah dua buah jeruk populer yang hadir dengan beragam pilihan untuk kuliner dan obat. Jeruk nipis berbentuk kecil bulat, dan hijau, sedangkan lemon biasanya lebih besar, berbentuk oval, dan kuning cerah. Secara gizi, mereka hampir identik sama. Kedua buah ini bersifat asam, tetapi lemon cenderung lebih manis, sedangkan jeruk nipis memiliki rasa yang lebih pahit.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *