Anda Pecinta Kopi? Datang ke Musi Coffee Culture Yuk

0 Komentar

JAKARTA – Apakah kalian termasuk penggemar kopi? Kalau iya, ada baiknya kalian datang ke Kota Palembang, 5-7 April mendatang. Karena, ada Musi Coffee Culture yang keren banget. Aneka kopi khas Sumatera Selatan bisa kalian dapatkan di event itu. Jadi, siapkan deh waktu buat ke Palembang. Dan kunjungi lokasi acara di Lapangan Bekang Dam II Sriwijaya. Tepatnya di Pelataran kawasan Gedung Jacobson Van Berg Kota Palembang.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Dessy Ruhati, kopi sudah menjadi identitas Indonesia. Di setiap event di luar negeri yang diikuti Kementerian Pariwisata, kopi selalu disertakan. Terutama, saat sales mission.

“Kopi menjadi kekayaan lain Bangsa Indonesia. Karena, kopi tanah air disebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Kementerian Pariwisata juga kerap mengenalkan beragam kopi nusantara saat mengikuti pameran atau sales mission. Dan sambutan masyarakat luar negeri sangat luar biasa terhadap kopi Indonesia,” tutur Dessy, Kamis (7/3).

Ditambahkannya, Indonesia dikenal sebagai penghasil kopi jenis robusta dan arabika. Dan Sumatera Selatan adalah daerah penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Di Sumatera Selatan, geliat terhadap kopi mulai terlihat tahun 2015. Atau, saat kedai-kedai kopi bermunculan di Kota Palembang. Masyarakat Palembang semakin dimanjakan dengan digelarnya Festival Kopi Al-Munawwar di tahun 2016 di Kampung Al-Munawwar.

“Musi Coffee Culture akan hadir dengan konsep dan tempat yang berbeda. Musi Coffee Culture akan menggabungkan antara Hulu-Hilir Kopi Sumatera Selatan dan Kebudayaan dalam dunia perkopian dari setiap kabupaten/kota penghasil kopi. Lokasi sengaja dipilih di Gedung Jacobson Van Berg. Karena Pemerintah Kota Palembang ingin memperkenalkan destinasi wisata baru,” jelas Dessy.

Sedangkan Kabid Pemasaran Area I Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Ida Fahmiwati menambahkan, Musi Coffee Culture juga memiliki target untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang.

“Targetnya jelas wisatawan domestik dan mancanegara, masyarakat, instansi, karyawan swasta di Sumatera Selatan, serta para pecinta, pengiat, dan pelaku usaha kopi. Namun, yang utama adalah memperkenalkan kopi khas Sumatera Selatan, sekaligus mengenalkan adat dan budaya Sumatera Selatan,” paparnya.

Musi Coffee Culture akan berisi banyak kegiatan. Ada Pameran Kopi Sumsel, Coffee Talk Hulu Hilir, Kopi Tubruk Competition, Workshop Coffee Education, Videography Coffee, dan Entertainment.

“Kopi-kopi yang ditampilkan antara lain Kopi Single Origin dari berbagai daerah di Sumatera Selatan yang belum banyak diketahui Masyarakat. Ada Arabica Semendo – Muara Enim, Robusta Semendo – Muara Enim, Robusta Pagaralam, Robusta Lahat, Robusta Empat Lawang, Robusta Oku Selatan, dan Robusta Ogan Ulu,” tutur Ida.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memberikan dukungan kepada Musi Coffee Culture. Apalagi, Indonesia memang dikenal sebagai negara penghasil kopi terbaik.

“Kopi Indonesia selalu diperhitungkan di kancah internasional. kopi yang kita bawa ke event-event internasional juga selalu diserbu. Untuk itu, Kementerian Pariwisata mendukung event seperti ini. Harapannya, kita bisa mempertegas status sebagai pemilik kopi terbaik dunia,” katanya.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...