International Women’s Day: Ajak Perempuan Cegah Kanker Serviks Lewat Pameran Foto

Sabtu, 9 Maret 2019 - 10:40 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka memperingati International Women’s Day 2019, Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) berkolaborasi dengan fotografer dan penggiat isu perempuan, Diera Bachir serta Plaza Indonesia menggelar pameran foto “#IAmTrulyWoman”.

Pameran foto yang dimulai pada 8 – 15 Maret 2019 ini terletak di Level 4 Atrium Plaza Indonesia Extension yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya melindungi diri, khususnya dalam pencegahan kanker serviks.

“Pesan yang ingin kami sampaikan dari tema ini adalah karena peran perempuan sangatlah penting dalam sebuah kehidupan, maka perempuan Indonesia harus bisa melindungi diri dan menjaga kesehatannya, khususnya dalam pencegahan kanker serviks dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini,” kata dr. Venita, MSc, perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta, di Jakarta, Jumat (8/3).

Pameran foto ini didukung oleh 28 tokoh perempuan Indonesia yang terdiri dari aktris, penyanyi, desainer hingga fashion influencers. Pameran foto ini menjadi salah satu dari upaya advokasi KICKS yang telah berjalan sejak tahun 2017 lalu atas respon terhadap situasi kanker serviks yang semakin mengkhawatirkan di Indonesia dan mengancam kehidupan perempuan.

Adapun ke-28 tokoh perempuan Indonesia yang terlibat adalah Duta Cegah Kanker Serviks: Prilly Latuconsina, Melly Goeslaw, Syifa Hadju, Sarwendah dan Wulan Guritno; Selebriti: Cinta Laura Kiehl, Chacha Frederica, Chelsea Olivia, Gisella Anastasia, Jessica Iskandar, Jessica Mila, Luna Maya, Nagita Slavina, Nia Ramadhani Bakrie, Olla Ramlan Aufar, Putri Marino, Ririn Dwi Ariyanti, Rossa, Tasya Kamila, Tatjana Saphira, Titi DJ dan Yuki Kato.

Kalangan desainer dan anak: Ghea Panggabean, Amanda Soekasah dan Janna Soekasah-Joesoef; dan Influencers: Anaz Siantar, Sonia Eryka dan Kallula

“Kami harap, melalui karya seni fotografi ini, pesan kami dapat tersampaikan sehingga perempuan Indonesia dapat tergerak untuk segera melindungi dirinya dari kanker serviks melalui vaksinasi HPV atau deteksi dini,” tambah dr. Venita bagian dari KICKS.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Diera Bachir, fotografer dan penggiat isu perempuan turut membagikan pendapatnya atas pameran foto “#IAmTrulyWoman ini”.

“Saya sangat senang dapat bersama-sama KICKS menghadirkan karya yang tidak hanya memiliki nilai seni, tetapi juga memiliki sebuah tujuan yang positif,” ujar Diera.

Sebagai seorang fotografer, ia selalu ingin menyampaikan sebuah cerita. Sehingga melalui pameran ini, ia ingin menyampaikan pentingnya peran seorang perempuan dalam kehidupan bagi dirinya maupun lingkungan sekitarnya.

Tidak hanya didukung oleh para tokoh perempuan saja tetapi seluruh tim yang terlibat adalah para perempuan yang kuat dan hebat yang datang dari berbagai latar belakang profesi baik make up artis, pengarah gaya maupun dekorator.

“Melalui karya saya dan pameran foto ini, saya berharap perempuan Indonesia semakin menyadari bahwa menjaga kesehatan sangatlah penting. Semoga perempuan-perempuan Indonesia semakin sehat sehingga dapat terus berkarya dan membawa manfaat positif bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya,” tambah Diera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *