Lawan 7 Penyakit Ini Cukup dengan Kemiri dan Batangnya

Sabtu, 9 Maret 2019 - 10:42 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kemiri, bumbu mungil warna putih dan mirip bawang putih ini, biasanya digunakan dalam masakan seperti semur atau untuk menambah tekstur lebih kental pada kuah masakan. Siapa sangka, kemiri juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Kepercayaan masyarakat sejak dulu biasanya kemiri dibuat menjadi minyak untuk digunakan pada rambut. Aplikasi minyak kemiri pada rambut dipercaya bisa membuat rambut lebih hitam dan berkilau.

Kemiri dikenal dengan Aleurites Moluccanus yang merupakan pohon berbunga dalam genus Aleurites milik keluarga Euphorbiaceae. Kemiri tumbuh sebagian besar di daerah tropis dan subtropis di dunia seperti Malaysia, Indonesia, serta beberapa bagian Australia.

Dilansir dari Health Benefits Times, Sabtu (9/3), tak hanya untuk rambut, tetapi kemiri juga dipercaya ampuh melawan berbagai penyakit. Berikut manfaat kemiri untuk mencegah dan mengobati ragam penyakit.

Tingkatkan Sistem Pencernaan

Kemiri adalah sumber serat yang sangat baik, dan itulah sebabnya menambahkan kemiri ke dalam makanan bisa sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan. Penggunaan kemiri secara teratur ini dapat memfasilitasi proses pencernaan. Mengonsumsinya secara teratur juga membantu buang air besar secara teratur karena minyak yang dikandungnya berfungsi sebagai pencahar.

Lawan Infeksi Jamur

Infeksi jamur mungkin tidak berbahaya, tetapi itu membuat seseorang tak nyaman dan tidak percaya diri. Untuk meredakannya, cukup mengoleskan minyak kemiri ke bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara teratur untuk mendapat hasil optimal.

Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Kemiri sangat bermanfaat bagi orang yang kadar kolesterolnya di atas normal. Kemiri meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL atau high-density lipoprotein) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL atau rendah)-density lipoprotein).

Obati Sariawan

Getah dalam kulit pohon kemiri bermanfaat bagi kesehatan sebagai pengobatan sariawan. Satu yang dibutuhkan adalah getah dari kulit pohon kemiri. Untuk mendapatkan getahnya, maka harus merobek kulit batangnya dan menunggu sampai getahnya muncul. Setelah getahnya muncul, letakkan dengan kapas dan beri santan. Lalu oleskan itu pada bagian mulut yang sariawan.

Atasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi selalu terjadi ketika seseorang biasanya kurang makan makanan berserat. Ambil 1 potong kemiri, 2 bawang merah, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, setengah sendok teh adas, 800 cc air. Blender semua bahan (tanpa 800 cc air) sampai halus. Kedua, rebus semua bahan dengan 800 cc air. Rebus hingga separuh air berkurang. Minumlah dua kali sehari, dan minum sebanyak 200 cc per sekali minum.

Obati Demam pada Anak

Jika anak demam, ambil 15 gram akar pulutan, dan sedikit minyak kemiri, itu bisa menurunkan demam. Pertama, rebus 15 gram akar pulutan dan beberapa minyak kemiri, dengan air. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam gelas. Dan siap minum. Namun hal ini wajib dikonsultasikan pada dokter.

Obati Sakit Gigi

Getah kemiri juga mengobati sakit gigi. Sama seperti sebelumnya, cukup membutuhkan batang dari pohon kemiri. Pertama adalah merobek kulit kayu dan menunggu sampai getahnya muncul. Oleskan pada gigi yang sakit gigi. Biarkan pada gigi sampai 10 menit.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *