Tips Membuat CV Beasiswa Lebih Menarik, Dijamin Lolos

Sabtu, 9 Maret 2019 - 11:28 WIB

FAJAR.CO.ID – Saat mendaftar beasiswa sangat penting melampirkan CV (Curriculum Vitae). CV ini merupakan gambaran/resume dari diri kita. Bayangkan saja, institusi atau profesor yang sebelumnya tidak mengenal kita, harus menilai diri kita lewat CV yang kita buat.

Maka dari itu, sangat penting membuat CV yang menarik. Schoters membagikan tips membuat CV beasiswa jadi menarik, sebagai berikut.

1. Cari tahu kriteria kandidat yang dicari pemberi beasiswa

Sebelum membuat CV beasiswa, Anda harus menentukan terlebih dahulu beasiswa yang akan Anda tuju. Anda harus cari tahu bagaimana kisah alumni yang berhasil mendapatkan beasiswa tersebut. Baca baik-baik juga persyaratan beasiswanya.

Dari situ Anda bisa tahu profil seperti apa yang dicari pemberi beasiswa. Anda bisa memulai membuat profil Anda sesuai dengan kriteria yang diinginkan penyeleksi beasiswa.

2. Utamakan substansi CV, bukan desainnya saja

Format CV yang saklek itu tidak ada. Jadi bebas saja membuat CV dengan desain apapun. Hanya saja, tidak dianjurkan membuat CV dalam bentuk tabel. Nah, hal yang tidak kalah penting, jangan sampai desain CV lebih ‘wow’ dari pada isi CV itu sendiri. CV yang Anda buat usahakan tidak lebih dari 2 halaman. Kalau terlalu panjang, percuma saja karena kemungkinan tidak akan dibaca semua oleh reviewer beasiswa.

3. Cantumkan hal-hal yang relevan dengan beasiswa

Dalam membuat CV, usahakan Anda menyusun kronologi profil Anda dari yang terbaru sampai yang terlama. Penting juga untuk mencantumkan informasi-informasi yang menunjang CV Anda seperti pengalaman organisasi, pengalaman bekerja, pengalaman sosial/volunteer, penghargaan atau award. Akan lebih baik lagi kalau Anda cantumkan pengalaman menulis publikasi ilmiah.

4. Berikan informasi yang sesuai dengan realita

Dalam membuat CV, data di dalamnya tidak boleh dikarang atau dibuat-buat. Biasanya para reviewer beasiswa bisa mengetahui jika CV Anda palsu atau dibuat-buat saat seleksi wawancara. Anda juga harus memeriksa CV yang Anda buat, jangan sampai ada grammar atau spelling yang salah ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.