Bawaslu DIJ Kembali Temukan WNA Masuk DPT

Minggu, 10 Maret 2019 - 19:10 WIB

FAJAR.CO.ID, JOGJAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) kembali menemukan warga negara asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Petugas menemukan sebanyak 3 orang WNA yang tinggal di Kabupaten Sleman yang juga masuk DPT.

“Ada tambahan tiga WNA yang masuk DPT. Mereka diketahui tinggal di daerah Kecamatan Ngaglik (Kecamatan Sleman),” kata Amir Nashiruddin, Komisioner Bidang Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu DIJ, Minggu (10/3).

Adanya temuan 3 WNA itu, otomatis menambah jumlah orang asing yang masuk ke DPT. Saat ini, jumlahnya totalnya ada sebanyak 14 orang. Rinciannya yakni di Kabupaten Bantul ada 8 orang. Kemudian di Gunungkidul dan Kota Jogjakarta masing-masing 1 orang.

Sedangkan di Kabupaten Sleman sebanyak 4 orang. Sementara untuk di Kabupaten Kulon Progo, masih nihil. “Kulon Progo nihil. Dalam waktu dekat ini kami akan sampaikan ke Bawaslu RI atas temuan ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU DIJ, Wawan Budiyanto menambahkan, permasalahan mengenai adanya temuan WNA yang masuk DPT secepatnya akan diselesaikan. “Target secepatnya. Kami akan coret WNA yang masuk DPT,” katanya.

Petugasnya pun juga melakukan klarifikasi di lapangan. Apakah masih ada WNA yang masuk ke DPT atau tidak. Dari hasil klarifikasi itu nantinya akan dipakai untuk mencoretnya.

“WNA yang masuk DPT di TPS akan ditandai atau dicoret. Jadi orang juga akan tahu apakah yang bersangkutan sudah dicoret atau belum,” pungkasnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *