SMRC: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 23 Persen di Atas Prabowo-Sandi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Lima pekan jelang pencoblosan pilpres 2019, elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin disebut masih di atas lawannya, capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jika Pilpres digelar saat survei berlangsung, Jokowi-Maruf akan meraih suara 54,9 persen.

Sedangkan Prabowo-Sandiaga 32,1 persen dan undecided voters atau yang belum menentukan pilihan tinggal 13 persen. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,65 persen.

“Selisih paslon Jokowi-Maruf dengan Prabowo-Sandiaga kini terpaut 23 persen. Undecided voters13 persen, kalaupun ditambahkan untuk paslon Prabowo-Sandi tetap masih selisihnya 10 persen. Angka ini lebih besar dari selisih pilpres 2014 yang sekitar 6 persen,” kata Direktur Saiful Muzani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/3).

Deni menuturkan, survei yang dilakukan oleh lembaganya berlangsung pada akhir Januari 2019. Sekitar 87 persen calon pemilih sudah bersikap menentukan pilihannya.

“Mereka yang sudah menentukan pilihan yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan,” ucap Deni.

Rilis survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/3). (Ridwan/JPC)

Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan pada 24-31 Januari 2019. Penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan melibatkan 1.426 responden.

Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. Adapun, margin of error dalam penelitian ini lebih kurang 2,65 persen.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...