Seluruh Badan Kereta Sudah Dievakuasi, Perjalanan KRL Gunakan 1 Jalur

March 11, 2019

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tiga badan kereta rel listrik (KRL) yang mengalami anjlok di perlintasan Kebon Pedes, Tanah Sereal, Bogor, Minggu (10/3) seluruhnya sudah dievakuasi. Ketiganya telah dibawa ke Dipo KRL Bogor, Senin (11/3).

Kereta terakhir dievakuasi untuk kembali ke rel sekitar pukul 01.50 WIB. Terhadap ketiga badan kereta tersebut segera dilakukan pemeriksaan dan perbaikan lanjutan.

Selain itu, proses evakuasi sarana KRL pun sudah dilakukan. Perbaikan prasarana perkeretaapian seperti jaringan kabel Listrik Aliran Atas (LAA), jalur rel dan pemasangan tiang LAA yang terdampak peristiwa ini juga terus dilakukan oleh PT KAI Daop 1 dan PT KCI.

“Untuk perjalanan KRL di lintas Bogor direncanakan dari dan menuju Stasiun Bogor sudah terlayani mulai pukul 05.00 WIB menggunakan satu jalur bergantian,” ujar Vice President Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa saat dikonfirmasi, Senin (11/3).

Ia menambahkan perjalanan dari Stasiun Bogor sebagian tidak ada hambatan. Namun perjalanan KRL lainnya akan dialihkan melalui rekayasa pola operasi dengan pemberangkatan dari Stasiun Cilebut, Bojong Gede, Citayam dan Depok.

Rekayasa pola operasi itu bertujuan memaksimalkan layanan KRL. Sebab pihaknya masih melakukan proses perbaikan satu jalur di area lokasi kejadian.

“Adanya perubahan pola operasi ini, tentunya akan terjadi kepadatan dan antrian KRL pada lintas Bogor. Kami mengimbau para pengguna agar menyesuaikan waktu dan stasiun pemberangkatan yang akan dituju,” ujarnya.

PT KCI juga menyarankan kepada para pengguna untuk memperhatikan keselamatan dengan tidak memaksakan diri naik ke KRL yang sudah penuh, serta selalu memperhatikan himbauan dan informasi dari petugas.

“Kami menyarankan kepada para penumpang untuk tidak memaksakan diri jika kereta sudah penuh,” tutupnya.

(JPC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *