Sentuhan Tepat di 1000 HPK untuk Tumbuh Kembang Anak

Senin, 11 Maret 2019 - 07:11 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) dimulai saat janin 0 bulan sampai bayi berumur 2 tahun. Dr. Alinda Rubiati SpA(K) memberikan paparan tentang sentuhan tepat di 1000 HPK untuk tumbuh kembang optimal dan berkualitas.”

Yang disebut anak adalah usia sejak konsepsi hingga 18 tahun. “Mengapa 18 tahun? Karena ini adalah masa berakhirnya pertumbuhan tulang. Anak tidak akan tumbuh lagi,” ujar dr. Alinda pada Seminar Tumbuh Kembang Anak dalam rangka Ulang Tahun Kemang Medical Care ke-10 di JS Luwansa, Jakarta, Minggu (10/3).

Pertumbuhan bayi ditandai dengan peningkatan ukuran fisik, panjang dan tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala. Lingkar kepala perlu diukur untuk melihat kemungkinan ada kelainan hidrosefalus atau mikrosefalus.

Faktor yang memengaruhi pertumbuhan adalah eksternal dan internal. Faktor internal misalnya genetika dan kondisi ibu saat hamil. “Misalnya anemia, ada penyakit tertentu atau obat-obatan yang ibu hamil konsumsi sehingga memengaruhi pertumbuhan janin,” ujar dr. Alinda.

Sedangkan perkembangan memiliki aspek yang lebih luas lagi tapi empat yang paling penting adalah perkembangan motorik halus, motorik kasar, psikososial dan intelegensia.

Pertumbuhan otak paling optimal sampai usia 2 tahun atau dalam 1.000 HPK. ” Namun sebenarnya otak berkembang paling pesat dan optimal di trimester ketiga kehamilan,” kata dr. Alinda.

Tumbuh kembang tidak hanya karena peran otak tetapi faktor lingkungan juga sangat berpengaruh, yaitu lingkungan mikro yaitu pengaruh ibu. Kemudian lingkungan mini yaitu ayah, saudara kandung dan pengasuhnya.

Kemudian lingkungan yang lebih luas yang mendukung tumbuh kembangnya malai dari laktasi, imunisasi, pendidikan, dll. Setelah itu ada lingkungan makro berupa kebijakan pemerintah yang mendukung tumbuh kembang anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.