Dispendukcapil Makassar Baru Terbitkan e-KTP untuk 7 WNA Usai Pemilu

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Makassar menolak untuk menerbitkan e-KTP bagi 7 Warga Negara Asing (WNA). Para WNA itu sebelumnya sempat mengajukan penerbitan kartu identitas Indonesia.

“Merujuk perintah langsung Dirjen untuk tidak menerbitkan e-KTP bagi WNA sebelum pelaksanaan Pemilu. Jadi nanti setelah Pemilu baru bisa diterbitkan,” Kadispendukcapil Makassar Aryati Puspasari, Selasa (12/3).

Tidak diterimanya pengajuan para WNA itu juga bertujuan untuk mencegah polemik jelang Pemilu. Tujuh WNA itu berasal dari Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan Swiss.

Puspa melanjutkan, dalam penerbitan e-KTP bagi WNA, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Imigrasi dan Kemenkumham. Tidak semua WNA layak mendapatkan e-KTP. Melainkan hanya berlaku bagi mereka yang telah memiliki kartu izin tinggal tetap di Indonesia.

“Kalau masa berlakunya habis, bisa diperpanjang. Ya kalau memang yang bersangkutan diberi izin untuk memperpanjang izin tinggalnya, kami bantu terbitkan kembali,” ucap Puspa.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...