Jamin Keamanan Warganya, Anies Luncurkan Aplikasi Jakarta Aman

Selasa, 12 Maret 2019 - 20:37 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan sistem aplikasi Jakarta Aman, Selasa (12/3). Aplikasi tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi warga Jakarta dari tindak kejahatan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, aplikasi tersebut dihadirkan untuk memberikan pertolongan bagi masyarakat saat menghadapi masalah keamanan. Mengingat tindak kejahatan di ibu kota masih terbilang tinggi.

“Rasa aman warga adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi pemerintah. Sehingga, sistemnya pun membutuhkan pembaruan sesuai dengan perkembangan zaman,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (12/3).

Aplikasi itu dibuat atas kerja sama dengan PT Indonesia Lebih Aman. Peluncuran aplikasi itu ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara pendiri Jakarta Aman, Muhammad Fardhan Khan dan Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, Saefullah.

Menurut Anies, Jakarta harus menjadi kota yang aman bagi semua. Terutama bagi mereka yang merasa terancam. Sehingga, perlu dibuat sistem aplikasi yang menjamin keamanan masyarakat sesuai dengan kebutuhan abad 21.

Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui ponsel pintar. Nantinya aplikasi terkoneksi langsung dengan 112 untuk mendapatkan pertolongan pertama. Tak hanya itu, ini juga terhubung langsung dengan sesama pengguna aplikasi. Jadi, komunitas pengguna bisa saling merespon.

“Kita ini hidup di abad 21, yang menuntut ketersambungan untuk saling menjaga keamanan,” kata Anies.

Sementara itu, Direktur PT Indonesia Lebih Aman Muhammad Fardhan menerangkan, fitur tombol darurat pada aplikasi pun bisa menyiarkan kondisi daruratnya yang berada di radius 5 kilometer.

“Semua user akan diberitahukan dalam radius tersebut. Pengguna bisa memencet tombol “help”. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa melaporkan kejadian apa pun. Seperti, kekerasan perempuan dan anak, kebakaran, kecelakaan, hingga ketertiban umum,” ujarnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.