London Book Fair 2019 Sekaligus Branding Wonderful Indonesia


LONDON – Indonesia Incorporated betul-betul terasa kuat di London, UK. Kemendikbud, Bekraf, Kemenpar dan KBRI London bersama-sama menggaungkan Indonesia di London Book Fair 2019. Perhelatan literasi internasional itu berlangsung 12-14 Maret, dan dipromosikan bersama-sama, termasuk membranding bus bus di ibu kota Inggris itu dengan Wonderful Indonesia.Temanya juga sangat Indonesia, yakni 17.000 Islands of Imagination, sehingga nyambung dengan Pariwisata yang terus mempromosikan wisata bahari di pulau-pulau di tanah air. “Inilah yang sering kita sebut dengan Indonesia Incorporated, bersatu, bersama untuk tujuan yang sama,” sebut Menpar Arief Yahya yang kali ini hadir di London.Menpar Arief Yahya baru saja dari ITB Berlin, pameran Pariwisata terbesar dunia yang juga membuat Kota Berlin penuh warna warni destinasi wisata Indonesia. Lalu ke Paris, bertemu UNESCO soal usulan Danau Toba sebagai UNESCO Global Geopark. Menaikkan kelas Danau Toba sebagai atraksi kelas dunia dan disertifikat lembaga dunia yang berkompeten.“Di Paris juga sekaligus ke beberapa restoran diaspora Indonesia yang sudah menjadi partner co branding Wonderful Indonesia. Progres-nya lumayan bagus, mereka adalah diplomat rasa. Dengan kuliner mereka mempromosikan Wonderful Indonesia,” jelas Arief Yahya.Indonesia memang masih belum bisa mengejar Thailand dan Vietnam, soal diplomasi rasa itu. Kedua Negara ASEAN itu sudah lebih dulu take off dengan masakan dan restorannya yang sudah mendunia. “Kuliner itu karya budaya, dan dalam portofolio bisnis di Pariwisata itu, budaya 60%. Dari 60% itu, 45% nya adalah kuliner. Maka seluruh restoran Co Branding Wonderful Indonesia itu harus memiliki 5 ikon makanan Indonesia,” jelas Mantan Dirut PT Telkom ini.

Komentar

Loading...