Diperhatikan Khusus, 17 TPS Sangat Rawan di Sulbar

Rabu, 13 Maret 2019 - 17:07 WIB
Kepolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar,

FAJAR.CO.ID, MAMUJU–Polri dan TNI siap siagakan 3.296 personel yang dibagi di enam kabupaten se-Sulbar. Tercatat, 532 TPS termasuk rawan dan akan mendapatkan pengawalan ketat.

Dari data yang dihimpun FAJAR, keseluruhan TPS di Sulbar sebanyak 3.864. Berdasarkan klasifikasi Polda Sulbar, ada 515 yang rawan.

Untuk sangat rawan sebanyak 17. Masing-masing di Kabupaten Mamasa sebanyak 13 TPS dan di Pasangkayu ada 4 TPS.

Kepolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar, mengatakan, penentuan titik rawan tersebut merupakan hasil pembahasan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulbar dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar.”Ini sudah ditelaah bahwa yang 17 sangat rawan itu membutuhkan perhatian khusus,” ujar Kapolda Sulbar ini.

Kapolda mengatakan, personel yang sudah disiapkan ini masih berdasarkan telaah berdasarkan titik rawan pemilu. Nantinya tentu akan berubah apabila terjadi hal urgensi di TPS yang membutuhkan pengamanan tambahan.

Untuk, mengantisipasi kebutuhan personel, Baharuddin mengaku masih kekurangan personel. Namun pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Sulawesi Tengah, seketika kekurangan tenaga di Sulbar. “Di sana (Sulawesi Tengah) itu banyak brimobnya, kita bisa ambil dari sana,” ungkapnya.

Kepala Bagian Pengendalian Operasi Polda Sulbar, Kompol Bambang Harianto, menjelaskan, persebaran personel pengamanan itu berdasarkan kerawanan pada setiap TPS. Dalam hal ini untuk TPS yang kurang rawan dimungkinkan ditempatkan dua orang personil untuk lima TPS, sedangan untuk yang urgen atau sangat rawan pun dimungkinkan dua orang satu TPS.

Khusus untuk 17 TPS sangat rawan, lanjut Bambang, itu ditentukan berdasarkan indikator, yaitu situasi wilayah yang jauh dari akses, dan diwilayah tersebut memiliki cattaan kerawanan pada pemilihan sebelumnya. (sal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *