Bumdes Mattuju Pangkep, Wakili Indonesia Benchmarking di China

0 Komentar

FAJARONLINE.CO.ID,PANGKEP —  Perjuangannya untuk terus melibatkan masyarakat lokal dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa terus dilakukan oleh pimpinan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mattuju, Desa Pitue, Kecamatan Marang.

Tidak sia-sia, Bumdes ini terpilih mewakili Indonesia dalam kegiatan Benchmarking yang diselenggarakan di China, akhir Maret ini.

Direktur Bumdes Mattuju, Desa Pitue, Kecamatan Marang, Muhammad Nasrul, menyampaikan bahwa, terpilihnya Bumdes Mattuju ini setelah melewati seleksi yang panjang, dan bersaing dengan ribuan Bumdes yang ada di seluruh Indonesia.

Berbagai kelebihan ditonjolkan Bumdes Mattuju ini, salah satunya dengan keberhasilan berbagai produk olahan perikanan yang tengah dijual di pasaran saat ini. Mulai dari produk olahan kepiting, ikan, rumput laut, olahan magrove hingga pembuatan perahu dan kapal nelayan dikelola oleh Bumdes yang terletak di pesisir Pangkep.

Selain itu, seluruh produk olahan Bumdes tersebut juga, pernah di pamerkan dalam ekspo internasional di Malaysia pada 2018 lalu.

Lanjut dijelaskan bahwa, pada agenda benchmarking yang diselenggarakan di China itu, ia berangkat bersama dengan Direktur Bumdes Desa Delima Provinsi Jambi dan Bumdes Penggarit, Provinsi Jawa Tengah. Hanya ada tiga Bumdes yang mewakili Indonesia.

“Jadi agendanya ini semacam studi banding atau kunjungan belajar yang ditempatkan di China. Tentu ini suatu penghargaan yang luar biasa . Setelah melewati proses seleksi diantara ribuan Bumdes. Akhirnya bisa terpilih salah satunya wakili Indonesia,” pungkasnya.

Dikatakan pula bahwa, agenda benchmarking ini diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

“Jadi selama disana akan diberikan pelatihan skala internasional terkait inovasi, dan peningkatan kapasitas serta wawasan dalam hal pembangunan desa,” jelasnya. (fit)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...