Enam Orangutan Kembali ke Alam Bebas di Taman Nasional

FAJAR.CO.ID – Enam orangutan kembali dilepasliarkan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR),Selasa (12/3). Pelepasliaran menjadi ke-28 kali diselenggarakan oleh Program Reintroduksi Orangutan Yayasan BOS di Kalimantan Tengah sejak 2012. Hingga jumlah orangutan dilepasliarkan kawasan Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah menjadi 120 jiwa.

Keenam orangutan itu terdiri tiga jantan, Rosidin, 20, Tristan, 16, dan Borneo, 1.Tiga betina, yaitu Buntok, Induk Borneo, 12, Paijah, 15, dan Danida, 13. Pelepasliaran tersebut merupakan pelepasliaran pertama di tahun 2019, baik di Kalimantan Tengah maupun Kalimantan Timur.

CEO Yayasan BOS, Jamartin Sihite mengatakan Danida diselamatkan dari seorang pekerja pekebunan kelapa sawit di Kotawaringin Timur, ketika itu dalam kondisi dehidrasi dan kekurangan berat badan. Tristan diselamatkan dari Desa Petak Bahandang, Katingan, saat itu juga dehidrasi.

Kemudian, Paijah diselamatkan dari Sampit, dan saat ditemukan kondisi kekurangan berat badan dan luka mengering di dahi. Kemudian Buntok dan Borneo diselamatkan dari kota Buntok, menderita raum kulit dan terinfeksi akibat kena getah pohon rengas. Selanjutnya Rosidin diselamatkan dari gugusan Pulau Salat, Pulpis dalam kondisi mata kiri mengalami kebutaan.

Jamartin melanjutkan, saat ini seluruh pemangku kepentingan harus bekerja keras mencegah upaya pembukaan lahan, perburuan, dan perdagangan liar flora dan fauna. Untuk menghentikan tindakan menentang hukum seperti ini, pelanggar harus menerima hukuman seberat mungkin sesuai hukum yang berlaku.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...