Inilah 4 Khasiat Ajaib Bawang Merah untuk Kesehatan

Kamis, 14 Maret 2019 - 07:40 WIB

Bukan hanya menambah rasa sedap pada masakan, bawang merah juga baik untuk kesehatan. (The Truth About Cancer)

FAJAR.CO.ID – Bawang merah biasanya sudah menjadi bumbu paling wajib dalam setiap masakan. Ternyata bukan hanya menambah rasa sedap pada masakan, bawang merah juga baik untuk kesehatan.

Meskipun pedih di mata dan tak begitu enak jika dimakan langsung, bawang merah bisa mengurangi berbagai risiko penyakit seperti dilansir dari Medical Daily, Kamis (14/3). Bukan hanya mencegah penyakit, bawang juga mengandung vitamin C dan baik untuk usus.

Ahli gizi dari Fitness Institute of Texas di University of Texas, Victoria Jarzabkowski, mencatat bahwa bawang merah adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Selain itu juga mengandung senyawa sulfur, flavonoid, dan phytochemical. Diperkirakan mengandung hanya 45 kalori per sajian dan juga tidak mengandung lemak.

“Saya lebih suka merekomendasikan agar para ibu rumah tangga mengganti gula dengan bawang merah dan kurangi garam. Masakan akan lebih sedap dan sehat,” katanya.

Tambahkanlah bawang merah pada setiap masakan setiap hari. Berikut 4 manfaat bawang merah.

1. Sehatkan Jantung

Seperti diketahui, kolesterol jahat LDL dapat menumpuk di sepanjang dinding arteri. Penumpukan dapat menyebabkan gumpalan darah, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.Phytochemical yang terkandung dalam bawang bahkan dapat mengurangi jumlah LDL dalam darah. Ini telah dibuktikan dalam penelitian pada hewan.

2. Kurangi Risiko Kanker

Menurut sebuah studi tahun 2017 dari University of Guelph, bawang merah berpotensi memiliki kekuatan melawan kanker. Bawang merah mengandung quercetin dan anthocyanin dalam jumlah tinggi.

Pada hewan, bawang mengaktifkan jalur yang mendorong sel kanker untuk mati atau menghambat pertumbuhannya. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan sejauh mana manfaat ini pada manusia.

3. Bakteri Baik

Karena adanya serat pada bawang, maka bawang merah kaya dengan prebiotik yang dikenal sebagai inlulin. Mengonsumsi bawang dapat menjaga bakteri baik di usus Anda.

4. Mengatur gula darah

Pasien dengan diabetes bisa menambahkan bawang merah sebagai pengganti gula dan garam Allium cepa, ekstrak bawang merah, telah menunjukkan potensi dalam menurunkan glukosa darah yang tinggi ketika diuji dalam penelitian pada hewan.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *