Jadi Calon Plt Kadis Kesehatan, Ini Tanggapan Junus Sirante

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKALE — Polemik Plt Kadis Kesehatan yang dijabat Nicodemus Biringkanae segera berakhir. Pasalnya, Dr Ir Junus Sirante yang saat ini menjabat kepala Bapeda Tator akan ditunjuk jadi Plt Kadis Kesehatan. Sirante sendiri belum tahu soal itu.

Meski begitu, saat ditanya kesiapannya, ia malah sudah siap dengan terobosan-terobosannya dalam menguatkan program utama tiga pilar pembangunan bidang kesehatan. Ia sendiri mengaku tak elok untuk berkomentar soal siapa Plt Kadis Kesehatan.

“Saya orang siap di mana saja atasan arahkan. Hanya saja, soal penunjukan plt kadis kesehatan ini saya belum tahu, karena itu urusan pimpinan. Saya selalu siap saja di mana saya diberi tugas, tak sekadar siap tapi juga siap dengan program,” jelasnya, Kamis, 14 Maret 2019.

Sebelumnya, polemik Plt Kadiskes yang dipegang Nicodemus ini menyeruak. Hal tersebut dianggap tak ada aturan yang melarang kemudian tindakan itu hanya untuk menunggu waktu untuk menentukan figur yang tepat setelah beberapa hari lalu, dr Anton Rerung kadisnya memasuki masa pensiun.

Terpisah, Kementerian Dalam Negeri bergerak cepat dengan menugaskan jajarannya untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Hari ini, Kamis (14/3/2019), Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) telah melakukan rapat terkait penyelesaian masalah penunjukan kepada dirinya sendiri oleh Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja.

Dalam rapat tersebut dihadiri dari Kemendagri sendiri, yaitu Ditjen Otda, Inspektorat Jenderal, dan Biro Hukum; Kemenpan RB; Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN); Badan Kepegawaian Negara (BKN); Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan; dan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

Berdasarkan dari hasil rapat setelah mendengar masukan dari masing masing Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja maka Ditjen Otda melakukan komunikasi langsung dengan Bupati Tana Toraja agar mencabut Surat Perintah yang menunjuk Bupati selaku Plt Kadis Kesehatan.

Persoalan tersebut langsung ditindaklanjuti dan Bupati Tana Toraja telah mencabut Surat Perintah Tugas Plt. Kadis Kesehatan dan telah menunjuk Kepala Bappeda Kabupaten Tana Toraja Sdr. Yunus Sirante sebagai Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Berdasarkan Surat Perintah Pelaksana Tugas Nomor: 820-41/BKPSDM/III/2019.

Selain itu, Gubernur Sulsel telah melakukan pembinaan kepada Bupati Tana Toraja agar mempedomani Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. (fkt-rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...