Kata Polisi, Terduga AH Ahli Pembuat Bom

Kamis, 14 Maret 2019 - 18:43 WIB

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Terduga teroris Hs alias AH dikenal sebagai ahli pembuat bom di kelompoknya. Dia tergabung dalam kelompok teror jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Lampung-Sibolga.

“Yang jelas AH punya kemampuan merakit bom jauh lebih ahli daripada tersangka R atau pelaku yang di Kalimantan Barat,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Kamis (14/3).

Diduga dia mempelajari pembuatan bom itu sejak bergabung dengan JAD Lampung-Sibolga, enam tahun lalu.

Keahlian AH bisa dilihat dari sejumlah bom dan bahan peledak yang ditemukan di kediamannya, Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuranbambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Di sana, polisi menemukan 15 bom yang sudah terakit dari berbagai jenis.

Mulai dari bom LPG, bom pipa elbow, dan bom ranjau. Ada pula sejumlah bahan peledak seperti 100 kilogram flash powder dan potasium korat. “Ada beberapa macam jenis bom yang sudah mulai dirakit oleh AH,” sebut Dedi.

Rangkaian bom yang dirakit tersebut rencananya untuk aksi amaliah terhadap markas hingga personel kepolisian. Alasannya, aparat keamanan termasuk yang paling getol atau paling intens melakukan penegakan hukum terhadap kelompok mereka.

“Menurut mereka (teroris) harus diperangi kelompok thogut (polisi),” pungkas Dedi.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.