Kurangi Sampah Plastik, Lurah Salomenraleng dan DLHD Buat Inovasi ‘Papa Rese’

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, WAJO — Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Wajo dan Kelurahan Salomenraleng terus mendorong pengurangan penggunaan sampah plastik. Salah satunya dengan mendorong pengurangan pemakaian kantong plastik.

Sebagai tindak lanjut atas apresisasi Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Lingkungan Hidup terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh aparat Kelurahan Salomenraleng guna menekan sampah plastik. DLHD Wajo dan Kelurahan Salomenraleng melakukan nota kesepakatan atau MoU, Penerapan dan Pengembangan inovasi ke Pasar Tanpa Kantong Kresek “PAPA RESE” Kamis 14 Maret 2019.

Dalam MoU tersebut ada beberapa poin yang disepakati diantaranya; mendukung program pencegahan sampah/limbah plastik melalui inovasi “PAPA RESE”, memberikan dukungan terhadap Pemerintah Kelurahan Salomenraleng berupa sarana dan prasarana untuk keberlangsungan inovasi “PAPA RESE” dan secara bersama-sama berkewajiban memberikan edukasi atau penyuluhan tentang dampak sampah/limbah plastik.

Lurah Salomenraleng, Marzam Pallawagau mengatakan inovasi Papa Rese ini muncul akibat permasalahan semakin banyaknya sampah/limbah plastik yang berdampak buruk terhadap lingkungan.

“Pemerintah Kelurahan Salomenraleng akan mengajak dan mewajibkan warganya jika berbelanja di pasar tanpa harus menggunakan kantong kresek dari penjual,” katanya.

Kantong pelastik selama ini yang dibawah dari pasar tentunya akan menjadi sampah/limbah. “Jadi kita imbau masyarakat untuk membawa keranjang bila belanja ke pasar.. Dengan cara seperti itu diharapkan akan berdampak terhadap pengurangan sampah/limbah plastik,” tutupnya.(Adv)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar