Bantuan Ayam Mentan Banyak yang Mati, Kadis Pertanian Terkesan Cuci Tangan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKALE — Ribuan ayam bantuan Kementerian Pertanian di Tana Toraja tahun 2018 lalu banyak yang mati. Bantuan untuk rumah tangga miskin itu jadi perhatian Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat kunjungan kerja ke Toraja, Selasa, 12 Maret 2019, lalu.

Mengetahui banyak ayam yang mati, Mentan langsung menunjuk tim kesehatan Balai Besar Veteriner Maros untuk mengecek sekaligus menangani masalahnya. Diketahui selain pengetahuan penerima bantuan yang minim dalam penanganan penyakit juga sanitasi kandang yang tidak memenuhi standar jadi penyebab banyaknya ayam yang mati.

Kadis pertanian Toaraja, Salvius Pasang, terkesan cuci tangan menanggapi masalah tersebut. Ia berkelit bahwa bantuan itu tak begitu diketahuinya meski bidang peternakan adalah salah satu bagian di dinas yang ia pimpin.

Namun, masalah yang menimpa bantuan itu tak diketahuinya. “Saya belum tahu itu, saya pejabat baru. Nanti saya cek ke bidang yang menangani,” kilah Salvius, Jumat, 15 Maret 2019.

Bantuan ayam dari pemerintah pusat itu diberikan 50 ekor bibit per rumah tangga miskin di dua kecamatan yakni Mengkendek dan Bittuang. Sekitar 1.800 rumah tangga jadi sasaran bantuan ayam. (Frederich Suselisu)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...