Drawing Babak 8 Besar Liga Champions, Ini Komentar Klub

Jumat, 15 Maret 2019 - 12:48 WIB
Liga Champions/UEFA

FAJAR.CO.ID, MUNICH—Wakil Inggris menguasai babak delapan besar Liga Champions 2018/2019. Invasi Premier League ini membuat peluang derby sangat terbuka di perempat final.

Menyusul kemenangan Liverpool atas Bayern Munchen di Allianz Arena, Kamis kemarin, Inggris dipastikan punya empat wakil di delapan besar. Tiga klub negeri Ratu Elizabeth yang lebih dulu lolos adalah Manchester United, Manchester City, dan Tottenham Hotspur.

Di luar tim-tim Inggris, jatah perempatfinal dibagi empat negara. Spanyol diwakili Barcelona. Juventus menjadi duta Italia. Sementara Ajax Amsterdam dan FC Porto menjadi perwakilan Belanda serta Portugal.

Ini kali ketiga dalam sejarah Liga Champions empat tim Inggris mengisi separuh slot perempat final. Sebelumnya, pada musim 2007/08 dan 2008/09 Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan Manchester United juga menjadi kuartet Inggris pada fase ini. Selain Inggris, tidak pernah ada negara yang punya empat wakil sekaligus di delapan besar.

Dengan banyaknya klub Inggris di delapan besar ini, peluang mereka saling membunuh sejak awal sangat terbuka. Itu karena kedua klub dari asosiasi atau negara yang sama memang sudah bisa bertemu. Demikian juga dengan klub dari grup yang sama.

Tapi, kapten kedua Liverpool, James Milner mengatakan, itu bukan masalah. “Ini bagus untuk sepak bola Inggris. Itulah yang Anda inginkan. Kami tidak tahu siapa yang akan kami dapatkan di babak selanjutnya, tetapi kami memiliki perasaan yang baik dari tahun lalu, jadi semoga kami dapat melakukan itu dan pergi sejauh yang kita bisa,” kata kapten kedua Liverpool, James Milner dikutip dari BBC.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp juga memastikan timnya siap menghadapi siapapun sesuai hasil drawing di Swiss, malam ini. Setelah mengalahkan Bayern 3-1 di Allianz Arena, Klopp percaya timnya sudah berada di level terbaik untuk bersaing dengan raksasa Eropa lainnya.

“Kami telah menetapkan penanda malam ini bahwa LFC kembali ke level teratas sepak bola Eropa. Siapa pun yang kita dapatkan sebagai lawan yang akan kita ambil. Anak-anak menyukai kompetisi. Sikapnya luar biasa,” tegas Klopp di situs resmi UEFA.

Kapten Barcelona, Lionel Messi menganggap semua tim delapan besar memang berada di level yang sama. Karena itu, sang superstar yang mencetak dua gol dan memberi dua assist saat Raksasa Catalan mengeliminasi Lyon dengan skor 5-1 di Camp Nou memastikan pertandingan bakal berat.

“City dan Juventus sangat bagus dan Ajax adalah tim muda yang hebat. Tapi siapa pun yang didapatkan, akan sulit, dan kita harus bersiap menghadapi ujian sekuat mungkin dalam beberapa minggu mendatang,” ujar Messi di Football Espana.

Pernyataan Messi didukung pelatihnya, Ernesto Valverde. “Tidak mungkin untuk memilih satu lawan (sebagai lawan terkuat), karena masing-masing pihak layak berada di perempat final. Tim mana pun yang kita dapatkan, akan sulit untuk lolos,” kata Valverde.

Sukses melakukan comeback luar biasa di markas PSG, pemilik tiga gelar Liga Champions, Manchester United juga tak berani sesumbar. “Anda bisa benar-benar berharap bagi siapa pun atau tidak menginginkan siapa pun. Semua tim berkualitas,” tegas Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer.

Meski ini kali pertama sejak 2002/03 mereka kembali tembus delapan besar, Ajax optimis  bisa melewati delapan besar terlepas dari siapapun lawan mereka. Keyakinan itu muncul setelah mereka menumbangkan juara bertahan, Real Madrid di Santiago Bernabeu.

“Kami masih dalam proses untuk tiga piala, dan kami ingin memenangkan semuanya. Saya tidak memiliki pengaruh pada drawing, jadi saya tidak akan memikirkannya. Semua lawan yang mungkin adalah tim besar,” kata Pelatih Ajax, Erik ten Hag di Veronica TV.

Dari semua tim yang akan tampil di delapan besar, hanya Manchester City dan Tottenham Hotspur yang belum pernah merasakan sensasi juara. Prestasi terbaik mereka sejauh ini hanya melaju hingga ke babak semifinal. (amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *