Rutin Konsumsi Bawang Putih Ternyata Bisa Atur Gula Darah

Jumat, 15 Maret 2019 - 08:19 WIB
Bawang putih bisa mengontrol gula darah. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID – Penyakit diabetes tipe II disebabkan karena gaya hidup dan pola makan yang tak sehat. Untuk mengontrol diabetes, biasanya dibantu dengan obat dokter dan menjaga makananan. Tapi, gula darah ternyata bisa diatur dengan cara herbal, yakni mengosumsi bawang putih.

Diabetes tipe II terjadi karena kadar gula darah (glukosa) seseorang menjadi terlalu tinggi. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa perawatan atau tidak terkontrol, hal itu dapat menyebabkan komplikasi seperti masalah mata, menyerang ginjal, serangan jantung, dan stroke.

Lalu kenapa bawang putih?

Beberapa penelitian telah menunjukkan bagaimana bawang putih dapat mengurangi peradangan, gula darah, dan kolesterol LDL pada penderita diabetes tipe 2. Bahkan bisa menurunkan tekanan darah yang juga menghantui penderita diabetes.

Dalam laman Diabetes UK, seperti dilansir dari Express, Jumat (15/3), sebuah studi membuktikan peserta dengan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol yang makan bawang putih secara rutin selama 12 minggu rata-rata mengalami penurunan 10 poin tekanan darah. Makan bawang putih juga telah terbukti menurunkan kadar gula darah.

Selain itu untuk pasien diabetes bisa melakukan kombinasi latihan interval aerobik atau intensitas tinggi (HIIT) dan latihan resistensi. Latihan aerobik meliputi aktivitas seperti berjalan, bersepeda, jogging, dan berenang yang dilakukan dengan intensitas tetap.

Aktif dan olahraga harian wajib dilakukan. Sebab jika dua hari saja berlalu tanpa olahraga, maka bawang putih juga tak efektif atau tak peka terhadap insulin.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *