Kominfo Sidrap Sosialisasikan Aplikasi Baruga dan Siapp

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SIDRAP —Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidrap menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Baruga Sulsel dan Sistem Informasi Aspirasi Publik dan Pengaduan (SIAPP) Kabupaten Sidrap, Jumat (15/3/2019).

Sosialisasi berlangsung di Kantor Dinas Kominfo Sidrap, diikuti para admin aplikasi Baruga dan SIAPP setiap SKPD dan kecamatan. Mereka sekaligus diberikan akun dan password kedua aplikasi itu.

Aplikasi Baruga merupakan layanan aduan masyarakat yang dikelola oleh Dinas Kominfo Pemprov Sulsel dan terintegrasi dengan seluruh Diskominfo se-Sulsel. Sementara SIAPP merupakan inovasi yang dikembangkan Dinas Kominfo Sidrap, yang terintegrasi dengan seluruh SKPD dan kecamatan lingkup Pemkab Sidrap.

Kadis Kominfo Sidrap, H Kandacong Mappile mengatakan, kedua aplikasi online tersebut merupakan wadah memudahkan masyarakat menyampaikan informasi dan pengaduan, dalam rangka transparansi dan peningkatan pelayanan publik.

“Khusus aplikasi SIAPP, sistemnya terintegrasi dengan seluruh SKPD se-Kabupaten Sidrap, sehingga informasi yang dibutuhkan masyarakat bisa langsung dijawab oleh SKPD terkait,” jelas Kandacong yang membuka sosialisasi didampingi Sekretaris Kominfo Sidrap, Haris Alimin.

Kandacong berharap, prosedur penyampaian aduan maupun alur memberi jawaban dalam aplikasi SIAPP dapat dipahami para admin SKPD. “Kerjasama antara Dinas Kominfo dan seluruh SKPD terkhusus para admin sangat menentukan keberhasilan aplikasi ini,”pesannya.

Sementara Kepala Seksi Statistik Diskominfo Sidrap, Mashuri menjelaskan, saat ini masyarakat Sidrap bisa menyalurkan aspirasi dan aduan melalui alamat website http://siapp.sidrapkab.go.id.

“Aduan juga juga bisa dikirimkan melalui SMS dengan cara ketik SIAPP(SPASI)Nama#Alamat#Pertanyaan kirim ke nomor 085345390100,”jelas Mashuri. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment