Survei: Rano Karno dan Isyana Bagoes Oka Gusur Petahana di Banten III

Sabtu, 16 Maret 2019 - 00:16 WIB

FAJAR.CO.ID, BANTEN – Tujuh caleg petahana di Dapil Banten III kemungkinan bakal kembali ke Senayan. Sementara tiga sisanya digantikan pendatang baru.

Demikian hasil survei terbaru Y-Publica yang dirilis Kamis (14/3). Elektabilitas tertinggi di dapil yang meliputi Tangerang Raya ini dipegang Andi Achmad Dara dari Golkar dengan 12,3 persen. Disusul caleg Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad sebesar 8,4 persen.

Caleg petahana lainnya yang berpotensi besar lolos adalah Hartanto Edhie Wibowo (4,3 persen), Ali Taher (3,6 persen), Siti Masrifah (3,3 persen), dan Marinus Gea (2,5 persen).

Sementara itu caleg petahana yang terancam gagal kembali ke Senayan, adalah Irgan Chairul Mahfiz (1,1 persen), Eddy Kusuma Wijaya (1,0 persen), dan Inas Nasrullah Zubir (0,5 persen).

“Artis yang juga mantan gubernur Rano Karno serta presenter televisi Isyana Bagoes Oka berpeluang menggeser caleg-caleg petahana,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, pada Kamis (14/3).

Rano Karno meraih elektabilitas sebesar 6,5 persen, sedangkan Isyana yang maju dari PSI sebesar 4,5 persen.

Pendatang baru lainnya yang berpotensi lolos datang dari salah satu dinasti politik Banten. Dia adalah adik Gubernur Banten Wahidin Halim, Abdul Syukur dengan elektabilitas 5,5 persen. Seperti diketahui, sebelum menjabat gubernur, Wahidin adalah wali kota Tangerang.

Sejumlah nama caleg PSI juga muncul, di antaranya peneliti muda Mikhail Gorbachev Dom (1,6 persen) dan praktisi komunikasi Kokok Dirgantoro (0,8 persen). Ada pula pendiri museum peranakan Tionghoa, Azmi Abubakar (0,4 persen).

“Nama-nama lain jika ditotal tersisa 8,8 persen, sedang yang belum menentukan pilihan mencapai 28,9 persen,” pungkas Rudi.

Survei Y-Publica dilakukan terhadap 800 responden di Kota dan Kabupaten Tangerang serta Tangerang Selatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (dil/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.