Kenali 5 Tanda Anda Mengalami Stres Berat

Minggu, 17 Maret 2019 - 22:27 WIB

FAJAR.CO.ID – Stres bisa dialami oleh siapa saja. Beban pekerjaan dan masalah pribadi bisa membuat seseorang stres. Parahnya lagi, stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika tak segera diatasi.

Agar mendapat penanganan yang tepat, tak ada salahnya kita mengetahui tanda-tanda stres. Karena dengan mengetahui apakah Anda stres atau tidak, bisa menjadi warning untuk segara ditangani. Jangan sampai Anda atau orang-orang tersayang menjadi korban akibat stres berkepanjangan.

Dilansir dari Simple, setidaknya ada lima tanda seseorang mengalami stres berat. Apa saja itu?

Insomnia

Meskipun tidak semua kasus insomnia disebabkan oleh stres, tapi ada hubungan antara keduanya. Ketika stres, secara otomatis Anda akan sulit mengistirahatkan otak. Karena Anda selalu memikirkan suatu masalah yang belum terselesaikan termasuk tugas dalam pekerjaan.

Selalu sakit

Stres melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan demikian Anda gampang terserang penyakit seperti flu. Ketika Anda benar-benar stres, jauh lebih sulit untuk mengobati penyakit. Jika Anda batuk dan demam selama berminggu-minggu itu adalah tanda bahwa Anda terlalu menderita stres dalam hidup. Segera periksa ke dokter.

Lelah

Sekalipun Anda tidur delapan hingga sepuluh jam, Anda tetap merasa sangat lesu atau kelelahan. Kekhawatiran dan stres disebut-sebut sebagai dua alasan umum yang membuat orang merasa terkuras secara fisik. Dan dalam kasus stres ekstrem, Anda terus merasa terbebani secara berlebihan. Pikiran ini bisa menyebabkan Anda kelelahan.

Otot tegang

Stres bisa menjadi penyebab rasa sakit dan ketegangan otot kronis. Nyeri otot adalah salah satu gejala paling umum dari stres. Mereka dapat membuat tidak nyaman dan menjadi sakit yang tak tertahankan. Stres memengaruhi tingkat adrenalin dan hormon Anda, yang memiliki efek langsung pada otot dan saraf.

Sering sakit kepala

Sakit kepala dapat berlangsung dari 30 menit hingga beberapa hari dan ditandai dengan rasa sakit atau tekanan di sekitar dahi atau bagian belakang kepala Anda. Sakit kepala dikarenakan Anda terlalu tegang. Jangan biarkan sakit kepala ini menimpa Anda karena justru akan menyebabkan sakit kepala tegang kronis. (jpc/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.