Menarik, Ide Ma’ruf Amin Dongkrak Kualitas Tenaga Kerja

0 Komentar

Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin saat memaparkan visi dan misinya, Minggu (17/3) malam. (JPC)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin menyebut peningkatan kualitas tenaga kerja harus dimulai dari pendidikan. Maka dari itu, salah satu fokus visinya nanti adalah menguatkan pendidikan melalui teknologi digital.

“Untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, kita mulai dari pendidikan. Pendidikan kita akan kita revitalisasi, disesuaikan dengan perkembangan zaman,” ujarnya dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/3).

Menurutnya, revitalisasi tersebut meliputi SMK, politeknik, hingga berbagai akademi yang akan dihubungkan langsung dengan dunia usaha. Tak ketinggalan, kursus-kursus juga akan dikembangkan.

“Kita akan mengembangkan latihan-latihan, kursus-kursus melalui BLK dan juga kursus-kursus yang bisa di aplikasi dengan digital baik kursus yang sifatnya kepintaran, kecakapan, kebugaran, dengan demikian tenaga kerja kita akan bersaing,” terang dia

Menurutnya, dengan upaya-upaya tersebut tenaga kerja Indonesia akan bisa bersaing di luar negeri. Tak hanya itu, Ma’ruf juga menyoroti terkait pemberian perlindungan tenaga kerja yang berada di luar negeri.

“Akan dilakukan sertifikasi, meningkatkan soft skill, hard skill, bersaing di luar negeri. Memberikan perlindungan kepada tenaga kerja kita di luar negeri,” pungkasnya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment