STQH Didorong Jadi Wadah Pembentuk Karakter Agamawi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Seleksi Tilawatil Qur’an dan hadits (STQH) di Kabupten Mamuju tak hanya sebagai ajang lomba. Bagi Bupati Mamuju, Habsi Wahid, kegiatan tersebut sebagai wadah pembentuk karakter agamawi.

STQH Mamuju tahun 2019/1440 H diadakan di Pelataran Rumah Adat Mamuju, hingga (18/3/2019) mendatang. Diikuti 11 Kecamatan, peserta mencapi 92 orang.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid, mengatakan, kegiatan seperti ini adalah salah satu bagian dari upaya intervensi Pemerintah Daerah dalam pengembangan sektor keagamaan yang semakin intens dilakukan. “Saya sangat bangga, karena kita akan mendapatkan Qori dan Qoriah handal yang telah siap memperdengarkan indahnya lantunan ayat suci Al-Qur’an” ujarnya.

Upaya ini betul-betul diharap menjadi wadah untuk membangun karakter agamawi di lingkup masyarakat. Sebab beberapa program, kata Habsi juga telah dilakukan Pemda untuk membangun karakter agamawi diantaranya, gerakan shalat subuh berjamaah, pembinaan santri di tiap kecamatan dan pembangun TPA –TPA diseluruh wilayah yang ada.

Ketua Panitia,Tonga, menyampaikan, beberapa nomor pelombaan yang diikuti peserta, yaitu Lomba Tilawatil Qur’an anak – anak dan dewasa putra – putri, Cabang hifzh Al-qu’ran golongan juz 1 dan tilawah, golongan 5 juz dan tilawah, golongan 10 juz, golongan 20 juz dan golongan 30 juz putra dan putri, cabang tafsir Al- Qur’an golongan bahasa arab putra dan putri, cabang musabaqhah hadits, golongan hafalan 100 hadits dan golongan 500 hadits putra dan putri.

“Kami berharap Pelaksanaan  Seleksi Tilawatil Qur’an dan hadits (STQH) dapat mendoron meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an dilingkungan keluarga, masyarakat bangsa dan Negara,” tandasnya. (sal)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar