50 Persen Pemilih Tak Lirik Calon Senator

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Dewan Perwakilan Daerah (DPD) atau Senator ternyata belum mendapat perhatian dari masyarakat pemilih. Di Sulsel sendiri, masih ada 50 persen lebih masyarakat yang tidak tahu dan belum menentukan pilihan untuk calon DPD.

Jelang pileg dan pilpres 2019, perhatian masyarakat lebih banyak memberi atensi untuk pilpres dan pileg tingat kabupaten kota, lalu DPRD Sulsel, DPR RI dan yang paling minim mendapat perhatian masyarakat adalah DPD.

” Atensi paling tinggi ke Pilpres dulu baru DPRD kabupat/kota, yang paling rendah memang DPD RI. Di survei pilpres dan DPRD kabupatem/kota masih ada sekitar 15 persen yang belum memutuskan, kalau DPD masih diatas 50 persen,” ungkap Direktur Utama Celebes Research Center (CRC), Herman Heizer.

Herman menambahkan, salah satu faktor adalah jangakauan DPD RI yang luas, calon DPD harus menjangkau semua. Dirinya menyarankan agar calon DPD RI harus berupaya menjangkau langsung para pemilih.

” Karena DPD ini punya keterbatasan baiknya mereka berjejaring, apakah berjejaraing dengan calon DPRD kabupaten/kota, provinsi atau DPR RI,” imbuhnya.

Calon anggota DPD RI perwakilan Sulsel, Saiful Saleh tidak menampik hal tersebut. Dia menjelaskan, sekalipun sudah tiga periode berlangsung, sosialisasi DPD ke masyarakat ternyata tidak maksimal.

” Saya juga merasakan sebagai calon, merasakan bahwa jangankan masyarakat awam, tokoh masyarakat di daerah itu tidak begitu paham apa itu DPD. Kalau menurut saya bukan lagi 50 persen, tapi diatas 50 persen,” kata Syaiful Saleh.

Dia menambahkan, jika diklasifikasi hanya masyarakat perkotaan dan yang paham tugas dan fungsi DPD. Tapi diperkotaan seperti Makassar saja juga masih banyak yang belum paham dan juga belum menentukan pilihan.

” Hal itu juga saya buktikan itu saat pemilu 2014 lalu, masih banyak pemilih bertanya apa ini DPD. Kedua mengani peranan, masyarakat tidak paham seperti apa peranan DPD karena mereka juga tidak merasakan langsung. Kondisi ini tentunya menjadi kendala tersendiri bagi para calon,” jelas Ketua BPH Unismuh Makassar itu. (bay)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...